fbpx

16 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Aman dan Efektif

16 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Aman dan Efektif

Kulit gelap dan kusam disebabkan oleh produksi jumlah melanin yang meningkat karena dipicu paparan polusi, sinar matahari, hingga bakteri. Dan sebetulnya, jumlah melanin pada kulit tidak bisa diubah. Anda hanya bisa mengubah pigmentasi berlebih dan warna kecoklatan karena faktor-faktor sebelumnya.

Kabar baiknya, Anda tidak harus menggelontorkan banyak uang untuk melakukannya dan mendapatkan kulit cerah. Karena ada beberapa cara memutihkan kulit secara alami yang aman dan efektif.

16 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Aman dan Efektif

Lalu, bagi yang memiliki masalah khusus pada kulit, Anda perlu berkonsultasi lebih dulu pada dokter spesialis kulit untuk memperoleh rekomendasi perawatan yang tepat. Download aplikasi di sini untuk bisa berkonsultasi secara online dengan mudah dari rumah.

Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Sambil bersantai, Anda bisa melakukan perawatan wajah di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berikut untuk mendapatkan kulit putih dan sehat yang menjadi dambaan banyak orang.

Lemon dan Madu

Membuat masker dengan campuran lemon dan madu bisa membuat wajah menjadi cerah, lembap, dan elastis. Lemon kaya vitamin C sebagai sumber antioksidan untuk menjaga kulit dari radikal bebas. Selain menjadi masker, Anda bisa mengkonsumsi air lemon dan madu secara teratur.

Pepaya dan Madu

Pepaya mengandung enzim asam alfa hidroksin dan papain yang berperan sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada kulit. Menjadikan pepaya dan madu sebagai skincare alami secara rutin akan membuat kulit lebih bercahaya.

Yogurt

Kandungan B kompleks dan lactic acid dalam yogurt sangat bagus untuk skin food. Yogurt dapat mengurangi lingkaran hitam dan melembabkan kulit. Untuk mendapatkan kulit elastis dan glowing, Anda bisa mencampur yogurt dan madu sebagai masker selama 10-15 menit atau langsung mengkonsumsinya.

Wortel dan Alpukat

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki warna kulit. Sementara alpukat sangat manjur untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Anda bisa menghaluskan wortel dan alpukat, lalu mencampurnya dengan madu sebagai masker wajah.

Lidah Buaya

Ingin punya wajah glowing dan lembut? Lidah buaya mengandung vitamin dan antioksidan tinggi yang bisa Anda oleskan pada kulit wajah sebagai masker alami. Mengaplikasikan aloe vera membantu menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dan meningkatkan elastisitas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembab, pembersih, dan tabir surya yang sangat baik. Kandungan antioksidan dan asam lemak dapat mengurangi peradangan, membuat kulit bebas jerawat, dan meningkatkan kecerahan kulit wajah.

Oatmeal dan madu

Scrub alami dari campuran oatmeal halus dan madu ampuh untuk menghilangkan sel-sel kulit tua, mengurangi iritasi, dan berfungsi sebagai pelembab. Oatmeal bekerja sebagai agen anti-tanning yang efektif dalam mencerahkan warna kulit.

Perawatan wajah dengan oatmeal dan madu cocok untuk tipe kulit berjerawat, namun tidak disarankan untuk kulit sensitif.

Tomat

Tomat memiliki pasokan vitamin C yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan tomat matang yang sudah dicuci bersih, potong menjadi 2 bagian, dan pijatkan lembut ke wajah.

16 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Aman dan Efektif

Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki Secara Alami

Jangan biarkan warna kulit tangan dan kaki tidak sama dengan cerahnya wajah Anda. Manfaatkanlah bahan-bahan alami berikut untuk memutihkan kulit tangan dan kaki.

Bengkuang

Bengkuang telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu sebagai bahan perawatan alami untuk kulit. Sayuran ini mengandung vitamin C yang ampuh mencegah penuaan dini dan melindungi dari radikal bebas. Anda bisa menumbuk bengkuang untuk lulur di malam hari supaya kulit cerah keesokan harinya.

Beras

Lulur dari bubuk beras? Kenapa tidak. Kandungan tocols (tokoferol dan tokotrienol) serta gamma-oryzanol dalam beras merupakan vitamin E dan sumber antioksidan alami yang sangat baik untuk memutihkan kulit. Selain itu, kandungan ceramide-nya mampu mempertahankan skin barrier menjaga agar tetap lembab.

Timun

Perawatan wajah menggunakan timun cocok untuk tipe kulit kering, kulit pecah-pecah, dan lingkaran hitam. Timun memiliki tingkat pH yang sama dengan kulit sehingga dapat menjaga kelembaban dan kecerahan kulit. Anda bisa menempelkan potongan timun atau membuat jus timun dan mengoleskannya.

Minyak Zaitun

Antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun berperan mencegah penuaan dini pada kulit. Memijat tangan dan kaki dengan minyak zaitun sebelum tidur mampu membantu mengatasi kerusakan kulit dan menghasilkan kulit yang berkilau di pagi harinya.

Kopi dan Gula

Aman unuk semua jenis kulit, kopi bermanfaat untuk membantu mengangkat sel kulit tua dan mencerahkan kulit kusam. Gunakan campuran kopi dan gula sebagai scrub. Lulurkan pada tangan dan kaki hingga kering, lalu bilas dengan air dingin.

Lemon dan Putih Telur

Anda bisa membuat lulur dan krib tubuh menggunakan campuran lemon dan putih telur untuk mencerahkan warna kulit. Namun, perawatan dengan bahan ini jangan terlalu sering karena lemon dapat menyebabkan iritasi kulit.

Pisang, Gula, dan Madu

Vitamin B dan kalium yang tinggi pada pisang sangat membantu menjaga elastisitas kulit dan meratakan warna kulit yang belang. Campurkan ketiga bahan ini sebagai scrub pijat alami pada tangan dan kaki.

Kunyit

Masker kunyit dan susu membantu menjaga kulit tetap kenyal, cerah, dan segar. Kandungan antioksidan pada kunyit berguna untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kulit kusam. Kunyit juga dapat meningkatkan produksi kolagen, serta sifat anti-inflamasinya mampu mengatasi bengkak.

Mudah dan murah bukan, untuk memiliki kulit putih alami yang sehat? Sebelum mengaplikasikan bahan-bahan di atas, perhatikan tipe kulit Anda, ya.

[web_stories title=”true” excerpt=”false” author=”false” date=”false” archive_link=”true” archive_link_label=”” circle_size=”150″ sharp_corners=”false” image_alignment=”left” number_of_columns=”1″ number_of_stories=”5″ order=”DESC” orderby=”post_title” view=”circles” /]