fbpx

5 Alasan yang Membuat AI Camera Dikenal Lebih Akurat

5 Alasan yang Membuat AI Camera Dikenal Lebih Akurat

5 Alasan yang Membuat AI Camera Dikenal Lebih Akurat

Saat ini CCTV telah menjadi kebutuhan pokok yang wajib ada baik di lingkungan perumahan dan terlebih lagi di perkantoran atau bangunan publik. Manfaat kamera pengawas terbukti sangat membantu peningkatan sistem keamanan secara menyeluruh. 

5 Alasan yang Membuat AI Camera Dikenal Lebih Akurat

https://www.pexels.com/photo/people-in-couch-1024248/

Berkat perkembangan teknologi, inovasi kecerdasan buatan juga dilakukan pada produk CCTV. Kamera pengawas yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence atau AI camera terbukti lebih akurat sesuai kebutuhan di masa sekarang ini. 

 

AI camera adalah perangkat kamera CCTV yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Teknologi ini sangat populer dan telah diaplikasikan dalam berbagai bidang. Perangkat yang telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan mampu bekerja lebih optimal sehingga mendatangkan banyak keuntungan bagi penggunanya. 

Alasan Mengapa AI Camera CCTV Lebih Akurat

https://www.pexels.com/photo/people-walking-on-street-373971/

 

Tingkat kejahatan semakin tinggi dan terjadi di mana-mana. Pelaku kejahatan sudah semakin pintar dalam melakukan aksinya. 

 

Untuk mengatasi hal tersebut, diharapkan perangkat keamanan menggunakan inovasi teknologi terbaru berbasis kecerdasan buatan. 

 

Sederet alasan mengapa Artificial Intelligence sangat dibutuhkan dalam meningkatkan sistem keamanan lingkungan. Berikut ini penjelasannya!

1. Penelusuran Pelaku Kejahatan Lebih Mudah

Salah satu keunggulan AI camera adalah menghasilkan perangkat CCTV yang mampu mendeteksi objek dengan lebih mudah. 

Kamera pengawas dengan teknologi kecerdasan buatan sanggup membedakan objek hidup atau mati, objek bergerak atau samar, dan bahkan mengenali wajah manusia secara detail. Kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan dalam sebuah sistem keamanan.

Teknologi AI memungkinkan kamera pengawas mendeteksi wajah-wajah yang kerap muncul di lingkungan di mana peristiwa kejahatan terjadi. 

Saat wajah-wajah mencurigakan berada di satu lokasi, kamera CCTV memberi alarm peringatan sehingga pengawasan keamanan bisa diperketat untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan baru.

Teknologi kecerdasan buatan juga mampu membantu pihak yang berwenang dalam proses pelacakan dan pencarian pelaku kejahatan. Analisa wajah yang detail dan akurat sangat dibutuhkan untuk menghindari kesalahan penangkapan. 

2. Pengawasan Lebih Akurat

CCTV yang dilengkapi dengan AI camera dapat mengenali plat nomor kendaraan dengan jelas dan baik. 

Kemampuan ini sangat penting, terutama dalam pengawasan luar gedung dan area-area publik. Kecerdasaan perangkat ini bukan hanya berguna untuk pengawasan kejahatan, tapi juga untuk ketertiban berkendara di jalanan umum. Sehingga penggunaan kamera pengawas dengan kecerdasan buatan sangat membantu polisi dalam mengawasi lalu lintas. Jika terjadi pelanggaran, maka plat nomor kendaraan dapat langsung terbaca jelas.  Polisi dapat lebih cepat merespon dan menindak pelanggaran tersebut.

3. Sinyal Alarm Lebih Terpercaya 

Kelebihan kamera CCTV dengan teknologi AI bisa merekam secara real time. Kemampuan ini menjadikan perangkat keamanan layak digunakan untuk deteksi awal terhadap peristiwa mencurigakan. Misalnya saja ada orang asing atau gerakan mencurigakan tertangkap kamera, maka teknologi kecerdasan buatan bisa dengan cepat menganalisa dan mengirimkan alarm peringatan pada Anda dan petugas keamanan melalui smartphone atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet. 

Tanpa kecerdasan buatan, kamera pengawas sering melakukan kesalahan pantauan dan menimbulkan kekacauan akibat alarm palsu. 

Kekurangan ini justru menjadi celah yang dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk mengecoh petugas keamanan. 

Pelaku sengaja melakukan gerakan pancingan agar alarm palsu berbunyi dan saat petugas keamanan melakukan pemeriksaan, pelaku beraksi di tempat lain dengan lebih leluasa. 

4. Identifikasi Hasil Rekaman Lebih Mudah

Rekaman dari AI camera lebih mudah diidentifikasi. Gambar yang dihasilkan jelas, tajam, dan mendetail. Tingkat akurasi juga lebih tinggi. 

Fitur-fitur yang tersedia pada perangkat merupakan inovasi canggih yang memudahkan proses analisa terhadap peristiwa atau objek mencurigakan, baik objek bergerak atau objek diam. 

Gambar dalam rekaman kamera berteknologi AI terlihat jelas, tajam, dalam warna yang cerah. 

Dengan demikian, proses identifikasi yang berjalan mudah dan lancar, sehingga Anda dan petugas keamanan lebih mudah memantau lingkungan dan sistem pengawasan keamanan semakin optimal. 

Bukan hanya itu saja, hasil rekaman yang akurat membantu proses penyelidikan suatu peristiwa serta dapat dijadikan barang bukti yang legal di pengadilan.

5. Membantu Kebutuhan Bisnis

Kamera pengawas berteknologi kecerdasan buatan tidak hanya berguna untuk keamanan saja. Satu kegunaan penting yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis adalah kemampuannya menghitung jumlah kunjungan orang secara akurat di suatu lingkungan tertentu. Data ini sangat berguna untuk merancang strategi promosi dan marketing bisnis. 

Evaluasi hasil bisnis juga terbantu melalui hasil pantauan kecerdasan kamera pengawas dengan teknologi AI. Peningkatan pelayanan bisnis dapat dilakukan dengan mudah, terutama untuk bisnis yang membutuhkan data harian kunjungan orang di lingkungan umum yang ramai seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, atau pelayanan publik.

Dengan begitu, Anda mendapatkan manfaat sekaligus, yaitu sistem keamanan terpadu sekaligus pemenuhan  kebutuhan business intelligence.

Hikvision ColorVu Membantu Pengawasan Keamanan Lebih Akurat

Tidak semua kamera pengawas menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Hikvision ColorVu hadir dengan inovasi teknologi AI camera yang mampu meningkatkan sistem keamanan lebih akurat. 

Brand kamera pengawas terpercaya ini merupakan solusi atas kebutuhan sistem keamanan masa kini. Berikut ini keunggulan Hikvision ColorVu yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

  • Merekam semua peristiwa dalam warna yang terang dan tajam
  • Hasil zoom kamera menampilkan warna yang cerah dan jelas
  • Resolusi kamera hingga 4K
  • Menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang canggih

 

Sederet keunggulan yang ada pada teknologi kecerdasan buatan merupakan alasan tepat penggunaan CCTV berbasis AI camera

Teknologi kecerdasan buatan terbukti mampu membantu meningkatkan keamanan sekaligus juga membantu memudahkan kebutuhan bisnis. 

Hikvision ColorVu hadir sebagai perangkat sistem keamanan yang memanfaatkan teknologi AI yang akurat dan canggih. Pengawasan lingkungan perumahan dan perkantoran lebih terpantau secara optimal. Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lanjut di sini.