6 Ide Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadan Selain Tadarusan

  • Bagikan

6 Ide Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadan Selain Tadarusan

Tidak dipungkiri apabila Ramadhan adalah momen yang paling tepat bagi kita untuk mengevaluasi diri, memperbaiki diri, meningkatkan ketakwaan, memperbanyak ibadah, dan tujuan-tujuan lainnya. Dari sekian banyak pilihan kegiatan selama Ramadan, tadarus atau menghatamkan Alquran adalah salah satu yang selalu jadi idola.

6 Ide Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadan Selain Tadarusan
6 Ide Kegiatan Bermanfaat Selama Ramadan Selain Tadarusan

Tapi selain tadarusan, Sebenarnya masih ada banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan. Tapi sayang, ide tentang hal-hal bermanfaat yang bisa kita lakukan selama Ramadhan seringkali tidak tercetus begitu saja. Nah, buat kamu yang mungkin sedang mencari ide untuk mengisi Ramadan agar lebih bermanfaat dan berkesan, kamu bisa coba membaca beberapa artikel di internet.

Pituluik Media adalah salah satu tempat di mana kamu bisa menemukan ide-ide menarik yang saya rekomendasikan. Di sana, selain bisa menemukan ide-ide menarik untuk dilakukan selama Ramadan, kamu juga bisa menemukan tulisan-tulisan inspiratif yang insyaAllah bisa menggugah kita untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dan berarti untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan selama Ramadan

 

1.Wisata religi

Di Indonesia banyak sekali destinasi wisata religi yang bisa di datangi. Wisata religi sendiri memiliki banyak manfaat, layaknya berwisata pada umumnya. Mulai dari, berguna untuk merilis stres, melawan kejenuhan, bisa juga dimanfaatkan untuk menyegarkan spiritual, lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta, sehingga menambah wawasan.

2.Tadabbur alam

Tadabbur alam adalah salah satu cara yang terbaik yang bisa kamu coba untuk mengenal Allah lebih dekat. Pasalnya, selain membaca Alquran, kita juga bisa mengenal dan mengetahui kekuasaan Allah melalui ciptaannya. Mulai dari gunung yang kokoh menjulang, alam yang indah, hewan-hewan yang unik, hingga laut yang luas.

Di Indonesia, ada banyak tempat-tempat yang indah, yang bisa dikunjungi tanpa membuang terlalu banyak tenaga seperti: Taman Tebing Breksi (Jogja), Green Village Gedangsari (Jogja), kawasan wisata Coban Talun di Malang, dataran tinggi pegunungan Malino di Sumatera, Danau Toba (Sumatera), Taman Hutan Ir. H. Juanda (Bandung), dan lain-lain.

3.Bersih-bersih

Bersih-bersih enggak selamanya butuh banyak tenaga, yang bisa bikin kita capek lalu kehausan atau lapar. Memilih waktu yang tepat dan memilih hal-hal yang sederhana untuk dibersihkan bisa jadi kegiatan bermanfaat selama Ramadan.
Terlebih Islam sendiri mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Ide bersih-bersih selama Ramadhan yang tidak terlalu menyita tenaga diantaranya adalah:

  • Kipas angin. Buat kamu yang selalu mengandalkan kipas angin di rumah untuk membantu mengusir hawa panas, dan mungkin jarang dibersihkan. Ini adalah saat yang paling tepat buat kamu untuk membuatnya terlihat bersih dan tampak seperti baru. Selain bisa membantu kamu terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan akibat debu maupun kotoran yang menempel di kipas dan filter. Kipas yang bersih juga tentu akan membuat kamu lebih percaya diri saat didatangi oleh tetangga maupun sanak keluarga.
  • Laptop dan komputer. Kegiatan bersih-bersih yang enggak terlalu menyita banyak tenaga lainnya adalah membersihkan laptop atau komputer. Untuk membersihkan laptop atau komputer, tentu kamu membutuhkan obeng yang tepat dan sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara membuka komputer atau laptop. Cara paling mudah, kamu bisa melihat tutorialnya di YouTube. Membersihkan komputer dan laptop akan membantu menjaga barang tersebut lebih awet saat digunakan. Karena debu dan kotoran selain bisa buat komputer maupun laptop terlihat menjijikan, juga bisa menyebabkan perangkat tersebut lebih cepat rusak.

 

4.Baca buku

Buku adalah sumber pengetahuan yang sebaiknya tidak dilupakan. Ya, kegiatan membaca memang semakin jarang kita tekuni selepas sekolah atau kuliah. Karena umumnya kita lebih banyak disebabkan oleh pekerjaan-pekerjaan yang membuat kita melupakan buku.
Tidak sembarang buku, membaca buku-buku agama yang berkaitan dengan tata cara ibadah, buku-buku hadits, buku Fiqih, atau semacamnya pasti bisa menjadi oase bagi pengetahuanmu.

5.Berbagi takjil

Berbagi (makanan, minuman, ataupun pakaian) kepada fakir miskin adalah salah satu tujuan mengapa kita diperintahkan untuk berpuasa. Berbagi takjil merupakan salah satu pengejawantahan atau perwujudan dari berpuasa yang paling mudah untuk diterapkan. Tak harus sendiri, kamu bisa mengajak teman-teman yang lain untuk patungan membuat dan berbagi takjil dengan saudara-saudara kita yang membutuhkannya.

6.Buka bersama

Berapa banyak diantara kita yang kesulitan menemukan waktu-waktu luang untuk bersilaturahmi dengan teman atau saudara. Selain sibuk bekerja, Banyak diantara kita yang juga merasa cukup hanya dengan silaturahmi melalui sosial media seperti Facebook hingga WhatsApp.

Padahal, bersosialisasi atau bertatap muka dan berbicara face to face sangat dianjurkan dalam Islam selain bisa memberikan sejumlah manfaat seperti: Bisa dijadikan sebagai ajang untuk membangun jaringan, berdiskusi, mempererat tali silaturahmi, hingga memperkenalkan sanak saudara kepada anak maupun anggota keluarga yang lain.

Editor: Alber
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: