8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit

Dengan gaya hidup yang tidak beraturan serta kebiasaan pola makan yang buruk, banyak orang menderita buang air besar menjadi tidak teratur. Ada banyak alasan terkena sembelit yang salah satunya adalah karena stres dan pencernaan. Tetapi kebiasaan makan yang salah adalah penyebab terbesar Anda terkena Sembelit.
Sembelit atau Konstipasi adalah suatu kondisi dimana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar dalam waktu yang cukup lama. 
Disini Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis makanan yang dapat meringankan sembelit,  diantaranya adalah,

1. Stroberi

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit
Makanan terbaik untuk meringankan sembelit yang pertama adalah Stroberi yang kaya akan vitamin C dan terkenal karena khasiatnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tinggi jumlah serat larut yang ditemukan dalam biji stroberi dapat membantu meringkan gejala sembelit secara alami. Segenggap stroberi sehari cukup untuk menjaga aga buang air besar Anda tetap teratur.

2. Yogurt

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit
Meskipun produk susu cenderung memperburuk gejala konstipasi, Yogurt dapat melakukan sebaliknya karena Yogurt banyak mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik yang dapat menjaga sistem usus Anda tetap sehat.
Pastikan Anda membeli Yogut bebas gula atau membuat sendiri Yogurt di rumah.

3. Prune

8 MAKANAN TERBAIK UNTUK MERINGANKAN SEMBELIT
Prune adalah salah satu sumber dihydrophenylisatin yang bertindak seperti pencahar alami yang dapat membantu kontraksi otot. Selain itu Plum juga mengandung sorbitol yang berfungsi juga sebagai pencahar. Namun hindari Prune jika Anda alergi terhadap semua pengganti gula. 

4. Oatmeal

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit
Oatmel mungkin menjadi sarapan paling populer setelah telur. Oatmeal adalah makanan lain untuk dimakam ketika Anda mederita sembelit. Karena Oatmeal dapat memudahkan pencernaan dan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol serta dianggap makanan yang sehat bagi kesehatan jantung.

5. Biji Rami

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit
Biji Rami merupakan sumber serat yang sangat luar biasa. Ada sekitar tiga gram serat larut dalam satu sendok makan. Anda dapat menambahkan biji rami bubuk ke banyak makanan untuk menuai manfaat kesehatannya.

6. Kacang Hitam

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit
Satu cangkir kacang hitam dapat memberi tubuh Anda lebih dari 15 gram serat larut yang dapat memainkan peran penting dalam pergerakan usus. Selain itu kacang hitam diperkaya dengan protein yang mudah di cerna.

7. Brokoli

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit
Ketika Anda tidak cukup makan sayuran, Anda cenderung lebih sering mengalami konstipasi, karena tidak semua sayuran dapat membantu pencernaan Anda.
Di sisi lain, Brokoli mengandung sekitar 10% dari asupan serat harian yang direkomendasikan dalam satu cangkir untuk memastikan pencernaan Anda tetap sehat.

8. Kacang Almond

8 Makanan Untuk Meringankan Sembelit
Kacang Almond kaya akan lemak sehat dan penuh dengan nutrisi penting lainnya seperti serat larut. Meskipun demikian diperlukan modernisasi. Usahan untuk mengkonsumsi kacang almond tidal lebih dari segenggam almond setiap harinya.
Nah itulah beberapa makanan yang dapat menurunkan atau meringankan rasa sembelit, semoga informasi ini bermanfaat terimakasih.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: