fbpx

Arti COD atau Cash On Delivery Dan 5 Keunggulannya Bagi Bisnis Online

arti cod
arti cod

Arti COD atau Cash On Delivery Dan 5 Keunggulannya Bagi Bisnis Online

Istilah COD atau cash on delivery tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Arti dari cash on delivery adalah jual beli yang metode pembayarannya dilakukan secara tunai dan secara langsung ketika pesanan tiba di tangan pembeli. Jual-beli online kini sudah banyak yang menggunakan sistem pembayaran COD untuk meningkatkan kemudahan bertransaksi.

Dalam jual beli secara online, biasanya akan ada kurir yang menjadi perantara untuk COD. Dengan cara ini, baik pembeli maupun penjual masih tetap dapat bertransaksi secara langsung dan sekaligus memudahkan sistem pembayaran. Setelah mengetahui arti dari cash on delivery, berikut ini beberapa keunggulan menggunakan sistem pembayaran ini untuk bisnis online Anda.

Bisnis Anda terlihat lebih terpercaya

Salah satu hal paling penting dalam setiap jenis bisnis adalah kepercayaan. Metode COD merupakan salah satu solusi untuk membuat bisnis terlihat lebih terpercaya. Pasalnya, sistem pembayaran COD artinya pembeli dapat melihat langsung kondisi barang yang akan dibeli, sehingga kecil kemungkinan barang tersebut berkualitas buruk atau memiliki kecacatan.

Bisnis yang terpercaya juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Semakin baik pengalaman konsumen tersebut dengan suatu bisnis ketika melakukan COD, maka besar kemungkinan ia akan menggunakan barang atau jasa tersebut kembali.

Baca Juga: 5 Jenis Strategi Bisnis yang Efektif Dicoba

Meningkatkan angka penjualan

Sesuai dengan arti dari cash on delivery yang berarti uang tunai pada saat pengiriman, sistem pembayaran ini juga dapat memudahkan proses jual beli. Sebagian besar konsumen juga merasa bahwa metode jual beli ini lebih menarik karena pembayaran dilakukan ketika barang sudah sampai di tangan pembeli. Sistem yang mudah dan fleksibel ini secara otomatis juga akan meningkatkan angka penjualan.

Meningkatkan jumlah pelanggan baru

Bagi mereka yang baru pertama kali belanja online, pembayaran secara transfer terkadang terasa sedikit meragukan. Pasalnya, mereka harus menunggu beberapa lama hingga barang tiba padahal pembayaran sudah dilakukan. Hal ini terkadang juga dapat menimbulkan rasa was-was apalagi jika pembelian dilakukan di toko online yang masih baru.

Sistem pembayaran COD dapat mengurangi rasa was-was pelanggan baru terhadap suatu toko online. Pasalnya, mereka dapat memastikan dulu bahwa barang yang dijual benar-benar berkualitas dan terpercaya sebelum mengeluarkan uang. Kemudahan inilah yang nantinya akan meningkatkan jumlah pelanggan baru yang belum pernah menggunakan jasa atau barang yang Anda tawarkan.

Keluhan dapat segera diatasi

Ada kalanya pembeli tidak puas dengan barang yang dibeli atau memiliki beberapa keluhan terkait barang maupun jasa yang diberikan. Ketika transaksi dan pembayaran dilakukan secara online, maka baik pembeli maupun penjual akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menanggapi dan mengatasi keluhan tersebut.

Hal ini tidak akan terjadi jika jual beli dilakukan secara cash on delivery. Dengan metode ini, pembeli dapat secara langsung melakukan keluhan dan penjual dapat dengan cepat menanggapi keluhan tersebut.

Baca Juga: Empat Sifat Nabi Dalam Mengelolah Bisnis

Ketika keluhan dapat segera ditanggapi dan diselesaikan, maka kepuasan pelanggan juga akan lebih terjaga. Pasalnya, konsumen tidak perlu menunggu lagi demi mendapatkan kejelasan atas keluhan yang disampaikan. Hal ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan pelayanan Anda sekaligus kepuasan konsumen terhadap bisnis Anda.

Kesempatan mengumpulkan rekomendasi

Dalam bisnis online, rekomendasi adalah hal penting yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Ketika barang yang dikirimkan dengan sistem COD tiba dengan tepat waktu, berkualitas baik, serta dengan kemasan yang rapi serta aman, konsumen akan semakin percaya dengan bisnis Anda.

Secara tidak langsung, hal ini juga akan meningkatkan kemungkinan konsumen tersebut merekomendasikan toko Anda kepada orang-orang lain di lingkaran sosialnya. Rekomendasi positif inilah yang mampu meningkatkan reputasi dan penjualan Anda.

arti cod
arti cod

Kelebihan dan kekurangan COD Secara Umum

Kelebihan Sistem Pembayaran COD:

  • Pembelian produk dapat dikontrol sendiri apakah barang sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.
  • Barang yang tidak sesuai dapat dikembalikan dan transaksi dapat dibatalkan, dengan begitu Anda tidak perlu menyesal telah membelinya jika barang tidak sesuai.
  • Terhindar dari penipuan.
  • Dapat melakukan pembayaran dengan langsung atau cash.
  • Membuktikan kualitas toko dan produk dengan metode COD
  • Lebih banyak mengundang pembeli karena metode ini terpercaya dan sangat aman.

Kekurangan Sistem Pembayaran COD:

  • Kerugian dirasakan oleh para kurir, seperti contohnya pada saat pengiriman diantarkan rumah dari calon pembeli kosong, atau tidak menepati janji pada saat ingin melakukan pertemuan. Apalagi dengan sistem COD, harus konsumen itu sendiri yang menerima barang, karena ketentuan dari sistem ini pembayaran harus dilakukan langsung secara cash, sehingga pertemuan tidak bisa diwakilkan.
  • Konsumen tidak mengaku karena barang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Bayangkan bila kurir sudah jauh-jauh mengantarkan barang besar yang belum tentu akan dibayarkan dan diambil oleh konsumen, tentu akan menyusahkan kurir dan menghambat pengiriman lainnya.
  • Melakukan tawar menawar memang merupakan definisi dari COD itu sendiri, namun untuk metode COD yang dilakukan bukan dengan penjual tentu melakukan tawar menawar tidak bisa dilakukan. Masih banyaknya calon konsumen yang menawar harganya tentu perlu edukasi lebih lanjut agar tidak menyusahkan para kurir yang sudah mengantarkan barangnya.
  • Metode cash yang tujuannya agar membuat konsumen percaya dengan barang yang dibelinya kadang suka disepelekan sehingga banyak kurir yang sudah datang ke rumah namun konsumen sendiri tidak memegang cash sehingga mereka harus mengambil uang tunai dulu ke ATM, tentu hal itu akan merugikan kurir yang harus melanjutkan perjalanan.

Untuk kekurangan sistem COD sebenarnya tidak hanya dari sisi pebisolnya yang dirugikan. Namun bagi pihak kurir juga cukup memakan waktu ketika pengantaran karena banyak sekali kasus-kasus pelanggan tidak mau bayar dan banyak ngeles ketika paket sampai di tujuan.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai arti dari cash on delivery dan beberapa keunggulannya. Ketika memutuskan akan menggunakan sistem COD untuk bisnis Anda, ingat juga untuk memilih ekspedisi terbaik. Pasalnya, bekerja sama dengan ekspedisi terpercaya juga akan meningkatkan keamanan barang Anda sampai ke tujuan sehingga sistem COD juga bisa lebih lancar.