Berbagai Macam Makanan Daerah di Sumatera Utara

0


1. Arsik


Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya.
Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.

Macam macam makanan khas sumatra utara

2. Lappet

Lappet adalah kue tradisional Batak. Tak jelas sejak kapan penganan ini mulai “membudaya”. Namun pada acara seremonial adat Batak tertentu, biasanya lappet tetap menjadi hidangan sela dibarengi kopi atau teh.
Lappet terbuat dari : tepung beras, kelapa, gula merah (aren). Namun untuk lappet performanya tak jauh beda dengan lepat pisang. Lapet biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang. Siborongborong, adalah salah satu kota yang memproduksi lappet dengan rasa yang sangat khas sekali.

Macam macam makanan khas sumatra utara

3. Sayur Ubi Daun Tumbuk

Daun ubi sebenernya sayur singkong yang dimasak dengan santan, bedanya dari sayur yg lain, kalau khas batak ini daunnya di tumbuk, terus ada bunga kecombrangnya, teri medan dan semacam tekokak/semacamnya, Makanan khas Sumatera Utara ini menjadi favorit orang batak walaupun resepnya tidak selengkap aslinya… tapi lumayan lah, bagi yg kangen masakan khas ini boleh di coba. Sayur ini akan lebih enak lagi apabila dimakan bersamaan dengan ikan asin dan sambal ulek pedas.

Macam macam makanan khas sumatra utara

4. Mie Gomak

Pernah dengar makanan yang bernama Mie Gomak? Nama yang lucu dengan makanan yang bisa dibilang unik ini memang jarang sekali terdengar di wilayah Jakarta. Tapi bagi masyarakat yang berasal dari Perantauan tanah Batak atau Sumatra Utara pastilah mengetahui makanan ini, karena Mie Gomak adalah makanan khas medan (sumatra utara).Taukan anda, bahwa mie gomak ini di buat dengan menggunakan mie spaghetti dengan campuran bumbu yang khas sehingga mengeluarkan cita rasa nusantara khususnya bagi masyarakat medan.
Banyak sekali masyarakat sumatra utara atau medan yang menjajakan mie gomak ini sebagai bisnis kulinernya. Karena Mie Gomak dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan dengan keuntungan yang sangat memuaskan. Cara penyajiannya mungkin berbeda-beda di tiap daerah di Sumatera Utara. Tetapi kalau yang pernah saya nikmati, mie gomak plus santan cabe-bawang pedas. Dijamin kenyang dan sehat.

Macam macam makanan khas sumatra utara

5. Bika Ambon

Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat.Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas. Walaupun namanya mengandung kata “ambon”, bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah merupakan kawasan penjualan bika ambon yang paling terkenal.

Macam macam makanan khas sumatra utara

6. Kue Ombus-ombus

Penganan yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika kebetulan berpergian ke wilayah Sumatera Utara. Paduan rasa legit dan gurihnya pasti membuat Anda ketagihan. Apalagi bila disantap hangat-hangat bersama secangkir teh atau kopi panas.Ombus-ombus, kue khas dari Siborongborong, sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara. Kue ini sendiri sudah melegenda sampai-sampai diabadikan sebagai lagu daerah populer di sana. Kue tradisional khas Batak ini melekat dalam keseharian masyarakat setempat dan biasa dihidangkan pada acara-acara adat Batak bersama kopi atau teh.

Macam macam makanan khas sumatra utara

7. Itak Gurgur Atau Itak pohul-pohul

Itak gurgur Salah satu makanan utama yang banyak disajikan di berbagai restoran dan warung makan di tanah Batak adalah Mi Gombak. Dinamakan begitu, karena saat dibuat dan akan disajikan, dulunya digombak (digenggam) dengan tangan langsung oleh penjualnya untuk dimasukkan ke dalam piring.yang kabarnya juga disajikan pada upacara adat Batak yang dikenal dengan ritual Hahomion Horja Bius.Bicara soal jajanan ini, kata “Gurgur” sering diartikan mendidih atau membara. Mungkin sepintas sedikit berbeda dengan cara pembuatannya yang sama sekali tidak dimasak, walaupun saat ini sudah ada juga Itak Gurgur yang dikukus. Tapi konon yang dimaksud mendidih atau membara itu adalah semangat yang menikmati Itak Gurgur diharapkan menjadi mendidih dan membara. Bisa jadi juga karena ada beras serta gula yang keduanya memiliki kandungan gula di dalam kue itu. Walaupun kalau berlebihan gula tidak baik bagi kesehatan, tetapi gula seperti banyak diketahui, memberi energi instan untuk orang yang mencicipinya dan membuat orang menjadi lebih bersemangat.

Macam macam makanan khas sumatra utara

8. Dengke Mas Na Niura

Dengke naniura adalah salah satu makanan khas batak, berupa ikan mas yang diberi bumbu dan asam, kemudian dibiarkan menjadi lunak tanpa dimasak. Proses yang demikian memungkinkan bakteri asam laktat berkembang, contoh dari bakteri ini adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium yang juga merupakan sumber probiotik .Dengke Mas na Niura “ atau Ikan Mas Na Niura ini merupakan makanan tradisonal khas Batak yang berasal dari Tapanuli. Dahulu masakan na niura dikhususkan hanya untuk raja saja, namun karena rasanya yang enak, akhirnya semua orang-orang ingin menyantap dan membuatnya. Dengke Mas na Niura atau Ikan Mas Na Niura adalah masakan khas Batak yang berbahan dasar ikan mas/fish gold.Uniknya hidangan satu ini disajikan dan dinikmati tanpa dimasak terlebih dahulu. Arti dalam bahasa batak, naniura adalah ikan yang tidak di masak. Mungkin hidangan ini juga dapat disebut “Sushi Sumatera Utara “. Sekilas mungkin terdengar extrim. Tapi kalau udah nyoba, pasti suka.

Macam macam makanan khas sumatra utara

9. Dali ni horbo

Susu biasanya dikonsumsi daalam bentuk cair atau menjadi bahan olahan makanan lain. Tetapi ada penganan unik dari daerah Sumatera Utara, khususnya di sekitaran Danau Toba seperti di Kecamatan Porsea, anda dapat menemukan susu kerbau dijual dalam bentuk penganan setelah dibekukan dengan cara dimasak dengan cara tradisional dan tanpa bahan kimia.Di daerah Porsea sering disebut sebagai dali ni horbo atau bagot ni horbo (bagot = susu, horbo= kerbau). Susu kerbau sendiri bisa dikonsumsi dengan hanya direbus, atau dimasak dengan diarsik yaitu memasak dengan bumbu seperti bawang Rambu (bawang Batak), cabai, daun ubi/singkong, garam dan sedikit Andaliman (merica Batak) dimasak sampai air mengering.

Macam macam makanan khas sumatra utara

10. Sambal Tuktuk

Kuliner sambal memang banyak sekali, salah satu kuliner sambal yang bisa kita cicipi adalah kuliner sambal dari daerah Tapanuli. Kuliner sambal ini adalah Sambal Tuktuk. Namanya memang sedikit lucu Sambal Tuktuk, namun rasa dari sambal ini tentu saja sangat luar biasa sekali.Sambal Tuktuk adalah makanan khas tradisional Batak, yang berasal dari Tapanuli. Masyarakat Tapanuli sangat suka dengan kuliner ini. Nah apakah anda pernah mencoba kuliner yang satu ini ? jika anda belum pernah mencoba kuliner ini silahkan anda bisa mencobanya.Sambal Tuktuk adalah makanan khas tradisional Batak, yang berasal dari Tapanuli. Sebenarnya bahan-bahan untuk membuat sambal tuktuk tidak berbeda dengan bahan sambal-sambal lainnya, sederhana saja. Yang membuat sambal ini sedikit lebih berbeda dengan sambal yang lain adalah andalimannya. Di daerah asalnya, sambal tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan), tapi jika tidak menemukan ikan aso-aso bisa diganti dengan ikan teri tawar.
Macam macam makanan khas sumatra utara

11. Saksang

Saksang adalah salah satu menu non halal khas Sumatera Utara. Terbuat dari daging babi yang dicampur berbagai rempah dan tidak lupa darah. Untuk yang tidak terbiasa pasti terdengar menjijikkan tapi inilah uniknya kuliner nusantara kita, bagi sebagian orang menjijikkan tapi bagi yang lain sungguh nikmat rasanya.Saksang atau sangsang adalah masakan khas dari tanah Batak yang terbuat dari daging babi (atau daging anjing) yang dicincang dan dimasak dengan menggunakan darah, santan dan rempah-rempah (termasuk jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman) Saksang menjadi makanan wajib dalam adat pernikahan Batak.Sekarang, dalam berbagai pesta adat, hampir selalu ada meja terpisah yang menyajikan “masakan nasional” – artinya: dimasak dengan memperhatikan asas kehalalan. Karena itu, saksang sapi dan saksang ayam pun semakin populer.



Macam macam makanan khas sumatra utara

11. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo adalah sebuah makanan tradisional dari Suku Batak Karo, terbuat dari daging babi dan di campur dengan rempah dan kemudian di panggang. Untuk memakannya kita disuguhi dengan sambal cabai rawit ataupun sambal yang terbuat dari darah hewan tersebut. Makanan ini sangat mudah di jumpai di Sumatera Utara. Jika wisatawan yang non muslim hendak berwisata ke Sumatera Utara harus mencoba makanan ini.



Sekian postingan saya, semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi makan anda.

Apabila ada yang kurang, anda dapat berikan masukan dibawah ini pada kolom komentar. 

Tinggalkan Balasan