fbpx

Candi Muaro Jambi, Objek Wisata Provinsi Jambi Yang Masuk Salah Satu Warisan Dunia

Alber Andesko - Tak Berkategori
  • Bagikan

Salah satu kebanggaan bagi Provinsi Jambi memiliki salah satu situs warisan dunia. Ya, Candi Muaro Jambi merupakan salah satu objek wisata yang masuk kedalam kategori warisan dunia pada tahun 2009 UNESCO.

Selain itu UNESCO juga mengatakan situs candi yang terbentuk dari susunan bata merah ini harus dijaga agar tetap utuh dan wajib untuk dilindungi. Hal lainnya adalah candi ini memiliki komplek halaman yang paling luas di Indonesia. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang beraliran Buddhisme.

Dari beberapa sumber lainnya menyebutkan bahwa, Candi Muaro Jambi merupakan candi yang memiliki luas paling luas di Asia Tenggara. Dimana komplek percandian Hindu-Bhuda ini memiliki luas sekitar 3931 hektar.

Candi Muaro Jambi merupakan candi yang ditemukan oleh seseorang letnan Inggris bernama S.C Crooce pada tahun 1820. Candi ini kemudian diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1975. Sampai dengan saat ini tercatat bahwa sampai dengan saat ini terdapat 61 candi yang ada di sekitar Candi Muaro Jambi, namun sebagian besarnya masih tertutup oleh tanah.

Selain itu di lokasi ini juga terdapat beberapa peninggalan seperti perkakas rumah tangga, parit atau kanal yang dibuat manusia pada masa itu. Selain peninggalan yang berupa bangunan, dalam kompleks tersebut juga ditemukan arca prajnaparamita, dwarapala, gajahsimha, umpak batu, dan lumpang/lesung batu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: