fbpx

6 Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik

  • Bagikan
Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik
Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik

Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik

Menggosok gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan rajin menggosok gigi kita dapat menghindari yang namanya bau mulut dan gigi yang kuat. Selain rajin menyikat gigi, hal yang harus kita pastikan adalah cara menyikat/menggosok gigi yang baik dan benar.

Jika salah-salah dalam menyikat gigi tentu tidak akan memberikan kebersihan gigi yang maksimal, dan bisa saja nanti hanya dapat melukai urat gigi. Selain itu kita juga harus mengetahui kapan sih waktu menggosok gigi yang benar dan baik itu?

Nah berikut inilah penjelasannya:

Waktu Menggosok Gigi

Pertanyaannya, kapankah kita diharuskan menggosok gigi dan berapa kali kita gosok gigi dalam sehari? Jawaban nya adalah kita wajib menggosok gigi 2 kali dalam satu hari yaitu nya setelah sarapan pagi dan ketika mau tidur.

Lalu pertanyaan lainnya bukan kah banyak orang yang menyarankan gosok gigi dulu baru sarapan? Jawabannya mungkin ini keliru, tetapi benar dalam beberapa hal jika di pagi hari tersebut kita akan sarapan dengan buah-buahan yang asam, atau agur, jus buah dan segala macam yang bersifat asam.

Hal ini di karenakan sebelum menggosok gigi kita harus menunggu setidaknya 30 menit setelah makan-makanan yang mengandung asam karena zat asam dapat menyerang email gigi, yang berakibat gigi mudah rusak dan keropos.

Jadi jika kita sarapan dengan yang asam-asam usahakan lah gosok gigi terlebih dahulu agar nanti tidak harus nunggu waktu 30 menit sebelum menggosok gigi. Kalau kita mau buru-buru mau ke kantor kan bisa gawat. Namun jika kita hanya sarapan biasa yang tidak mengandung asam, sebaiknya kita sarapan dahulu baru setelahnya gosok gigi, agar nanti gigi kita bersih dari sisa-sisa sarapan.

Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik
Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik

Gambar di atas menjelaskan tentang 6 teknik Cara Menggosok Gigi yang baik dan benar:

  1. Tempatkan sikat gigi dengan sudut 45 derjat pada permukaan gigi. Selain itu bulu sikat gigi harus menyentuh batas kedua permukaan gigi dan gusi.
  2. Gerakkan sikat dengan gerakan kecil perlahan dan memutar pada atas dan bawah.
  3. bersihkan permukaan dalam gigi belakang dengan cara menggerakkan sikat ke arah depan dan belakang secara perlahan.
  4. Bersihkan bagian dalam permukaan gigi depan atas dengan mengarahkan kepala sikat secara vertikal, kemudian sikat secara pelahan ke atas dan kebawah.
  5. Bersihkan bagian dalam permukaan gigi depan bawah dengan mengarahkan sikat gigi secara vertikal dengan gerakan perlahan ke atas dan kebawah.
  6. Gerakkan sikat kedepan dan ke belakang untuk membersihkan permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah.
6 Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik
6 Cara Gosok Gigi Yang Benar dan Baik

Namun sebelum hal-hal di atas dilakukan perhatikan lah beberpa hal sebelum menggosok gigi.

  1. Bersihkanlah gosok gigi dengan menyiram dengan air bersih dan mengalir agar terhindar dari kotoran dan bakteri.
  2. Pastikan pasta gigi yang digunakan adalah yang cocok untuk gigi kita.
  3. Jangan menggunakan gosok gigi yang dipakai oleh orang lain atau keluarga lain.

Setelah beberapa hal di atas dilakukan barulah nanti gunakan cara menyikat gigi yang benar seperti yang dijelaskan di atas.

Kemudian beberapa hal yang harus di hindari ketika menggosok gigi adalah jangan terburu-buru ketika menggosok gigi, karena dengan menggosok gigi dengan terburu-buru dapat menyakiti gusi gigi. Selain itu hal ini dapat merusak lapisan gigi yang mengakibatkan kurangnya perlindungan gigi.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut agar tidak menyakiti gusi gigi, sehingga tidak menyebabkan gusi gigi terluka. Bagi yang sudah rajin gosok gigi namun ketika selesai berkumur-kumur masih berdarah, itu menandakan sikat gigi yang digunakan melukai gusi gigi.

Nah untuk tahap terahir yang harus diperhatikan adalah jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah dengan bagian belakang gosok gigi atau yang biasa disebut (tongue scraper). Cara penggunaan nya sangatlah mudah dan hampir sama dengan menggosok gigi.

Setelah semuanya selesai jangan lupa untuk menyimpan gosok gigi ditempat yang bersih dan sejuk.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: