fbpx

Cara Ibu dan Janin Agar Terjaga Kesehatannya

  • Bagikan

Cara Ibu dan Janin Agar Terjaga Kesehatannya

Seorang ibu tidak boleh sembarangan dalam menjalani kehidupannya saat hamil. Sebab, apa yang dilakukan oleh sang ibu selama masa kehamilan akan sangat menentukan keselamatannya dan janin yang ada di dalam kandungan. Ketika sang ibu sehat selama kehamilan, maka sang janin juga akan sehat dan merasa bahagia.

Cara Ibu dan Janin Agar Terjaga Kesehatannya
Cara Ibu dan Janin Agar Terjaga Kesehatannya

Menjaga kesehatan ibu hamil tidak bisa dilakukan dengan sekadar membeli multivitamin atau obat folamil genio dari apotik terdekat saja. Ibu hamil perlu melakukan beberapa perhatian khusus agar kesehatannya dan sang janin bisa tetap terjaga. Apa sajakah yang perlu dilakukan? Berikut ini beberapa diantaranya:

Hindari kafein dan alkohol

Menjaga nutrisi yang dimasukkan ke dalam perut sang ibu merupakan hal penting yang dilakukan oleh ibu hamil. Selain memberikan asupan nutrisi yang berkualitas dan seimbang, seorang ibu hamil juga perlu menghindari konsumsi kafein dan minuman beralkohol. Kopi dan minuman beralkohol jadi dua jenis minuman yang perlu dihindari karena dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungannya.

Konsumsi kafein dan alkohol selama masa kehamilan dipercaya dapat menghambat proses pertumbuhan janin di dalam rahim. Selain itu, risiko bayi terlahir cacat dan mengalami keterbelakangan mental juga lebih tinggi jika kafein dan minuman beralkohol tidak dihindari selama masa kehamilan. Untuk itu, biasakan untuk hidup sehat dengan menghindari kedua jenis minuman tersebut agar sang ibu dan bayi dalam kandungannya bisa selamat.

Hindari Produk berbahan kimia

Walaupun tengah mengandung dan punya bobot tubuh yang lebih besar dari biasanya, seorang ibu hamil tentu tetap ingin terlihat cantik saat beraktivitas. Penggunaan make up jadi pilihan terbaik agar dapat membuat wajah terlihat lebih menarik dengan riasan yang digunakan. Sayangnya, penggunaan make up punya dampak yang kurang baik terutama bagi ibu hamil dan janinnya.

Salah satu dampak yang kurang baik dari penggunaan make up selama masa kehamilan adalah bahan kimia yang digunakan dalam produk tersebut. Apabila dalam produk tersebut terkandung merkuri, AHA, dan retinoid maka sebaiknya hindari penggunaan produk tersebut terutama selama masa kehamilan. Sebab, dikhawatirkan bahan kimia dapat membahayakan kesehatan sang ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: