Cara Membuat Profil Blogger Untuk Blog

Alber Andesko - Tak Berkategori
  • Bagikan

Sebelum bermain di dunia blog, ada baiknya kamu mengetahui mengenai profil blogger. Di dalam dunia blog, terutama blogspot, dahulunya ada dua jenis profil yang digunakan yaitu profil Google plus (G+) dan Profil Blogger. 
Kedua profil tersebut adalah diri kamu. Saat tulisan ini diposting pertama kali, aku membagikan mengenai cara beralih profil blogger dari profil G+ ke Profil Blogger. Tetapi, karena saat ini layanan G+ resmi ditutup akhirnya aku merasa tutorial yang ‘kemarin’ sudah tidak relevan lagi. 
Diperbarui pada tanggal 10 Oktober 2019 
Sehingga saat ini, tulisan ini akan memuat cara membuat profil blogger untuk blog yang sebenarnya, tanpa ada tutorial mengenai ‘peralihan’ dari profil G+ ke Profil blogger. 
Nah, bagi kamu yang mungkin baru saja menemukan dan membaca tulisanku ini, kamu tidak perlu bingung dan bertanya-tanya soal tulisanku yang ‘kemarin’. Karena aku merasa tulisanku yang ‘kemarin’ sudah tidak relevan lagi dengan kondisi dunia blogging saat ini. 
Jika kamu memang ingin membuat sebuah profil blogger kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Beberapa kondisi saat ingin membuat profil blogger
Sebelum melanjutkan pada langkah-langkah membuat profil blogger, rasanya aku perlu memaparkan beberapa kondisi agar kamu bisa memahami dan mempraktikkannya. Untuk membuat profil blogger, kemungkinan ada beberapa kondisi yang bisa terjadi. Kondisi tersebut yaitu:
Sudah memiliki blog, TETAPI baru sadar ternyata profil G+ yang digunakan di blog yang dikelola sudah tidak aktif, sehingga ingin membuat profil blogger.
Belum memiliki blog dan ingin membuat sebuah blog.
Tidak ingin membuat sebuah blog, TAPI ingin memiki sebuah profil blogger. 
Untuk membuat profil blogger dengan kondisi pada nomor satu, bisa saja terjadi. Contohnya pada seorang blogger yang lama vakum dari dunia blog, lalu tiba-tiba kembali lagi dan mulai mengelola blognya kembali. 
Begitu juga dengan kondisi yang terjadi pada nomor dua dan tiga. Jika kamu ada pada kondisi ini, ada hal yang perlu aku sampaikan. Untuk membuat sebuah profil blogger kamu tidak harus kamu memiliki blog. Dan untuk memiliki sebuah blog, kamu wajib punya sebuah profil blogger. 
Kamu ada di kondisi yang mana?. Pada kondisi apapun kamu saat ini, langkah-langkah membuat profil blogger kurang lebih sama.
Nah, jika kamu tertarik untuk membuat profil blogger, di bawah ini adalah langkah-langkah membuat profil blogger berdasarkan beberapa kondisi yang MUNGKIN terjadi. 
Cara membuat profil blogger, jika kamu sudah memiliki & mengelola sebuah blog tapi pernah vakum dari dunia blog (baik itu dalam waktu yang lama ataupun hanya sebentar)
Cara membuat profil blogger bagi yang berada pada kondisi seperti ini aku rasa tidak terlalu sulit. Jika kamu ada di posisi seperti ini ada cara yang bisa kamu lakukan yaitu sebagai berikut:
Log in ke blog kamu terlebih dahulu. Misalkan dengan mengunjungi situs resmi blogger.com atau melalui bookmark dasbor blog di browser kamu. 
Isi kolom yang tersedia pada laman ‘Selamat datang di Blogger’ untuk mengkonfirmasi profil blogger kamu. Nah, di laman tersebut kamu wajib (bahkan dipaksa ) untuk membuat sebuah profil blogger.
Setelah mengisi nama tampilan >>> Klik ‘Lanjutkan ke Blogger’
Kamu akan di bawa ke laman dasbor blog kamu seperti biasanya. 
Karena di awal proses tadi, kamu hanya mengisi nama tampilan, jika kamu ingin mengedit nama tampilan atau menambahkan sebuah foto profil kamu bisa mengedit profil blogger kamu. 
Nah, itulah cara membuat profil blogger jika kamu dulunya adalah seorang blogger yang ber-profil Google Plus yang pernah vakum dari dunia blogging dan baru menyadari bahwa profil Google Plus kamu sudah tidak aktif, hehe. Dan cara untuk membuat profil blogger yang tersebut di atas, bisa juga kok dipraktikkan di browser ponsel. Bagaimana dengan kondisi yang lain? Yuk baca di bawah ini. 
Cara membuat profil blogger, tapi tidak ingin memiliki sebuah blog
Cara membuat profil blogger di bawah ini mungkin bisa membantu kamu yang ingin membuat profil blogger tapi tapi tidak ingin memiliki sebuah blog. Lho, bisakah?. Iya, bisa. Seperti yang aku bilang tadi (pada tulisan mengenai kondisi2 saat ingin membuat profil blogger) untuk memiliki sebuah profil blogger, kamu tidak harus memiliki sebuah blog. 
Jika kamu tertarik untuk membuat sebuah profil blogger tapi tidak ingin memiliki sebuah blog, kamu bisa mengikuti cara berikut ini. Tetapi pastikan terlebih dahulu kamu mempunyai sebuah akun Google. 
Kunjungi situs resmi blogger. Jika di peramban tersebut belum ada akun google yang log in, biasanya akan diminta log in. Yasudah lakukan saja dulu.
Biasanya kalau sudah ada akun gmail yang ‘stay’ di browser tersebut, akan langsung ke langkah selanjutnya tanpa diminta log in.
Isikan nama tampilan profil blogger kamu pada kolom yang tersedia. 
Klik ‘Lanjutkan ke blogger’
Kamu akan di bawa ke laman dasbor blogger.
Nah, karena kamu tidak ingin membuat sebuah blog, cukup sampai di sini tutorialnya. Memang, kamu di bawa ke laman dasbor blog. Tapi, di sana tidak ada daftar blog yang kamu kelola. Yang bisa kamu lakukan adalah mengedit profil kamu, jika kamu menginginkannya.
Semoga bermanfaat. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan