Di Mana Beli Tiket Pesawat Murah?

  • Bagikan

Di Mana Beli Tiket Pesawat Murah?

Tiket pesawat murah saat ini sangat sulit dicari. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, di mana maskapai yang menyediakan penerbangan LCC (penerbangan bertarif rendah) tiketnya sangat terjangkau.

Sebagai salah seorang yang punya banyak keluarga di tempat-tempat jauh, saya termasuk sering bepergian dengan menggunakan pesawat. Beberapa waktu silam, harga tiket dari bandara Juanda Surabaya ke (Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport) Balikpapan (Kalimantan Timur) rata-rata berkisar antara Rp 400-500 ribuan. Namun saat ini, harga tiket untuk kelas ekonomi sudah menyentuh angka Rp 1,3 jutaan.

Di Mana Beli Tiket Pesawat Murah?
Di Mana Beli Tiket Pesawat Murah?

Kenaikan harga tiket ini tentu saja membuat kita kesulitan untuk pergi-pergi. Apalagi jika harus pergi bersama anggota keluarga dengan jumlah 3 atau 4 orang. Tak pelak, kondisi ini membuat kami sering mengurungkan niat untuk mengunjungi keluarga di Kalimantan. Cari tiket pesawat murah saat ini memang tidak mudah. Tapi masih ada alternatif transportasi lain yang sebenarnya juga bisa diandalkan. Salah satunya adalah kapal (Pelni maupun swasta).

Harga tiket kapal yang sangat murah

Di Mana Beli Tiket Pesawat Murah?
Di Mana Beli Tiket Pesawat Murah?

Tahun ini, orang tua Kami yang tinggal di Kalimantan kebetulan dapat libur lumayan panjang. Mereka tentu tidak ingin menyia-nyiakan libur panjang ini hanya dengan tinggal dirumah saja.

Di awal-awal liburan, mereka memilih mengunjungi cucu-cucu yang lokasinya berjarak tidak terlalu jauh dari rumah. Di pertengahan liburan, mereka memutuskan untuk mengunjungi cucu dan keluarga yang agak sedikit jauh (di Pulau Jawa).

Karena harga tiket pesawat yang mahal, orang tua kami memutuskan untuk menggunakan transportasi laut. Karena mereka juga sudah terbiasa menggunakan kapal laut untuk bepergian, terutama dari Kalimantan ke Jawa atau sebaliknya. Pilihan kapal yang bisa ditumpangi pun cukup beragam. Mulai dari kapal Pelni seperti KM. Labobar hingga kapal swasta seperti Ferry Dharma Raya.

Harga tiket kedua kapal tersebut sebenarnya tidak terlampau jauh berbeda. baik KM. Labobar maupun Ferry Dharma Raya umumnya mematok harga tiket antara 400-500 ribuan. Sebuah harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat saat ini.

Informasi tiket kapal Pelni maupun swasta bisa dengan mudah anda peroleh dengan menginstal aplikasinya. Jika Anda menggunakan Android, Anda bisa mendownload aplikasi Pelni dan aplikasi Dharma Lautan Utama (DLU) di Play Store.

Tentu saja, waktu di perjalanan yang lebih lama adalah pertimbangan utama mengapa banyak orang yang tidak terlalu suka menggunakan kapal laut. Disamping itu, di musim-musim tertentu ombak laut biasanya cukup besar.

Sehingga, bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan kapal atau bepergian, akan mudah merasa pusing dan mabuk. Sehingga perjalanan pun terasa lebih menyiksa dan merepotkan.

Tapi jika hal tersebut bukanlah masalah, maka menggunakan kapal laut adalah opsi paling tepat. Sebagai catatan, waktu tempuh kapal KM Labobar dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menuju pelabuhan Tanjung Perak Surabaya biasanya mencapai 27 jam. Sedangkan untuk kapal feri biasanya lebih lambat sekitar 3 atau 4 jam.

Perbedaan waktu tempat tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda. Tapi perlu diingat, KM Labobar merupakan kapal yang dikhususkan untuk mengangkut penumpang.

Sebaliknya, kapal kapal feri seperti pada umumnya lebih memprioritaskan mengangkut barang termasuk kendaraan. Jadi, tingkat kenyamanan dan pelayanan di kapal tentu saja akan berbeda.

Dimana cari tiket pesawat murah?

Harga tiket murah bisa dengan mudah kita dapatkan di online travel agent (OTA). Membeli tiket secara online adalah pilihan tepat jika ingin dapat harga murah. Harga murah yang kita dapatkan tentu saja bukan berasal dari harga asli tiket tersebut melainkan, karena beberapa online travel agent biasanya memberikan diskon (potongan harga) dan promo.

Promo tiket pesawat tidak setiap hari ada. Akan tetapi, ada banyak promo menarik yang bisa kita manfaatkan dan maksimalkan untuk menekan harga tiket pesawat. Agar bisa dapat harga murah, Cobalah beberapa tips cari tiket murah berikut ini.

Gunakan aplikasi untuk mencari promo tiket dan membeli. Pasalnya, banyak online travel agent maupun toko online yang hanya menyediakan promo atau diskon di aplikasi saja. Sebaliknya, beli dan cari tiket murah menggunakan web browser sering kali tidak didukung promo dan diskon

Menginstal aplikasi juga biasanya sangat menguntungkan karena kita bisa dapat info mengenai promo dan penawaran penawaran menarik secara real time melalui notifikasi

Jangan terpaku hanya pada satu online travel agent. Ada banyak toko online yang ikut jual tiket pesawat. Jadi, jika OTA favorit anda tidak menyediakan tiket pesawat murah atau tidak ada promo, jangan ragu-ragu mencari di toko online lainnya

Hindari membeli di travel agent offline.

Umumnya, membeli tiket di travel agent offline atau konvensional sedikit lebih mahal karena ada biaya jasa yang perlu kita bayarkan. Perbedaan Rp 10-20 ribu mungkin cukup Berarti buat Anda
Hindari membeli tiket pesawat terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan. Sengaja mengulur-ulur waktu dan membeli tiket dekat dengan jadwal keberangkatan tidak hanya merugikan karena bisa saja kehabisan tiket, tapi kita juga bisa kehilangan kesempatan dapat tiket murah dan kesempatan untuk mencari tiket pesawat promo

Editor: Alber
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: