Mengenal Simple Present Tense untuk Pemula

  • Bagikan
Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Orang Dewasa yang Efektif

Mengenal Simple Present Tense untuk Pemula

Belajar bahasa Inggris bisa dimulai dari mengenal kata-kata yang paling sering digunakan. Setelah itu, belajarlah untuk menggunakannya dalam kalimat. Setiap kalimat dalam bahasa Inggris tentu memiliki aturan. Sama seperti membuat kalimat dalam bahasa Indonesia. Mempelajari tata bahasa Inggris juga sangat penting bagi pemula. Karena dengan dasar yang baik, seorang speaker akan lebih mudah mempelajari bahasa Inggris yang lebih kompleks. Adapun cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula sebenarnya sangat mudah. Seperti contoh yang bisa kamu lihat di bawah ini.

 

Pertama, mulailah dari yang paling sederhana terlebih dahulu. Misalnya, materi yang paling mudah dalam tenses bahasa Inggris. Seperti Simple Present Tense. Ini adalah materi yang disebut-sebut sebagai jenis materi paling sederhana dibandingkan lainnya.

 

Mengenal Simple Present Tense untuk Pemula
Mengenal Simple Present Tense untuk Pemula
Belajar Simple Present Tense (foto: Unsplash)

Namun perlu untuk diperhatikan, materi yang mudah bukan berarti boleh disepelekan, karena meskipun sederhana, Simple Present Tense tetap perlu dikuasai dengan sempurna.

 

Misal, saat penggunaan kata kerja seperti work yang dalam beberapa kasus harus diubah menjadi works, atau kata watch yang harus berubah menjadi watches.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu tahu untuk belajar simple present tense, agar kamu bisa memperoleh cara yang tepat dalam belajar tata bahasa Inggris:

  1. Belajar present tense diawali dengan mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu. Ada empat jenis simple present tense yaitu, simple continuous, perfect, dan perfect continuous
  2. Kamu wajib tau kalau present tense adalah The King of Conversation, kenapa ya?
  3. Present tense kabarnya juga dapat menggantikan posisi future tense juga loh, coba cari tau yuk!

Nah, jangan lupa untuk dicari tau dan dipelajari yaaa! Tapi, sebenarnya apakah kamu sudah tau contoh kalimat simple present tense itu seperti apa? Kalo belum tau sini kita kasih tau sedikit deh contoh-contoh kalimatnya dalam bentuk positif, negatif, dan tanya :

  • (+) I write a letter for my teacher. [Saya menulis surat untuk guru saya.]
  • (-) I don’t write a letter for my teacher. [Saya tidak menulis surat untuk guru saya.]
  • (?) Do I write a letter for my teacher? [Apakah saya menulis surat untuk guru saya?]
  • (+) Mary needs a dictionary. [Mary membutuhkan kamus.]
  • (-) Mary doesn’t need a dictionary. [Mary tidak membutuhkan kamus.]
  • (?) Does Mary need a dictionary? [Apakah Mary membutuhkan kamus?]

Bagaimana? Apakah artikel ini sudah bisa sedikit membantu dan menambah pengetahuanmu mengenai simple present tense? Jangan lupa juga untuk mencari metode belajar Bahasa Inggris yang terbaik untukmu agar progres belajarmu selalu meningkat tajam, good luck!

Editor: Alber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan