Minangkabau di Nagari 9 Malaysia yang Tidak Dikenal Lagi oleh Sebagian Generasi Muda Minangkabau Indonesia

0
Minangkabau di Nagari 9 Malaysia
Minangkabau di Nagari 9 Malaysia

Minangkabau di Nagari 9 Malaysia

Jika kita mendengar orang menyebut Minangkabau pasti yang teringat oleh kita adalah Kota Padang atau Sumatera Barat, namun untuk menambah pengetahuan untuk kita semua, penulis akan menjelaskan kembali daerah mana saja yang masuk kedalam wilayah Minangkabau yang masyarakatnya tentu Masyarakat Minangkabau.

Minangkabau di Nagari 9 Malaysia
Minangkabau di Nagari 9 Malaysia

Berikut ini adalah beberapa daerah yang masuk kedalam wilayah Minangkabau:
1. Seluruh wilayah Sumatera barat,
2. Separuh daratan Riau,
3. Bagian Barat jambi,
4. Bagian Utara Bengkulu
5. Barat Daya Aceh
6. Negeri Sembilan Malaysia

Dari deskripsi di atas dapat kita lihat, bahwasanya ada wilayah Minangkabau yang berada di Negara Malaysia. Dan sangat disayangkan sekali, pada saat ini tidak banyak generasi muda Minangkabau yang mengetahui hal ini.

Dari sejarah singkat, negeri sembilan menjadi wilayah Minangkabau sejak kedatangan orang-orang Minangkabau dari daratan Sumatera Barat yang pergi merantau ke Negara Malaysia, dan kawasan ini pun dibentuk oleh perantau Minangkabau dan menjadikan kawasan pemukiman pada masa kejayaan Kesultanan Malaka.

Negeri Sembilan atau juga dikenal sebagai Negeri Sembilan Darul Khusus merupakan salah satu negara bagian dalam federasi Malaysia. Negara bagian ini terletak di Semenanjung Malaya berbatasan dengan Selangor di Utara, Pahang di Timur, Johor di Tenggara, Malaka di Selatan, dan Selat Malaka di Barat.

Dan kemudian perubahan peta politik dan persaingan kekuasaan di Semenanjung Malaya, menyebabkan perubahan status pemerintahan dan wilayah kekuasaan kerajaan Negeri Sembilan. Setelah kemerdekaan Malaysia, Negeri Sembilan menjadi bagian dari Malaysia dan Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan Tuanku Abdul Rahman menjadi Yang di-Pertuan Agong pertama Malaysia.

Dari beberapa sumber juga dapat kita lihat, bahwa di Negeri Sembilan juga ada Rumah Gadang yang menjadi ciri khas orang Minangkabau, dan hal ini lah yang menjadi bukti bahwa Negeri Sembilan Malaysia merupakan salah satu wilayah Minangkabau.

 

Editor: Alber

Tinggalkan Balasan