fbpx

Tips Persiapan Sebelum Menjalani Pendidikan Luar Negeri

  • Bagikan

Tips Persiapan Sebelum Menjalani Pendidikan Luar Negeri

Mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri memang terdengar sangat keren dan kesempatan yang harus disyukuri. Hal ini dikarenakan memutuskan sekolah di luar negeri adalah kuputusan yang sangat besar untuk diambil. Namun dibalik hal tersebut, terdapat beberapa kerumitan yang mengekor karena hidup di Negara orang lain bukanlah hal yang mudah. Sehingga tak sedikit orang yang berpikir hidup di luar negeri terkesan horror.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika kamu memutuskan sekolah di luar negeri. Kamu harus mulai mempertimbangkan dari pilihan Negara dan kampus yang diinginkan, hingga bagaimana menghadapi kultur, serta segala sesuatu yang mendukung daya juangmu untuk tetap bertahan hidup mandiri sebagai minoritas di Negara asing. Salah satu cara mudah untuk membantumu memilih dan mengurus itu semua adalah melalui konsultan pendidikan luar negeri semisal Niec dan lembaga sejenis.

Berikut beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika kamu telah memutuskan untuk kuliah di luar negeri.

Tips Persiapan Sebelum Menjalani Pendidikan Luar Negeri
Tips Persiapan Sebelum Menjalani Pendidikan Luar Negeri

Rencanakan Negara Tujuan untuk Berkuliah

Memilih negara tujuan adalah langkah pertama yang perlu dilakukan saat membuat rencana berkuliah di luar negeri. Carilah informasi lengkap terkait pendidikan atau universitas dan cara hidup di negara tersebut. Langkah ini penting dilakukan agar nanti bisa mempersiapkan berbagai kebutuhan sendiri dengan lebih matang. Sehingga kita bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

Apa yang diperlukan

Kamu perlu belajar mandiri untuk bisa mengurus diri sendiri ketika jauh dari rumah, di tempat yang asing dan menggunakan bahasa berbeda. Setidaknya mulailah belajar bahasa asing, paling tidak supaya kamu dapat berkomunikasi di sana.

Kumpulkan Referensi Universitas dan Jurusan Sesuai

Menentukan jurusan dan universitas yang sesuai dengan minat anak sangat penting untuk dipertimbangkan. Anak tentu akan lebih bersemangat jika berkuliah di tempat yang memang mereka minati dan sukai. Untuk itu, Anda perlu membantunya mencari jurusan dan universitas yang relevan.

Anda bisa mencari informasi-informasi tersebut dari berbagai laman di internet. Kumpulkan semua informasi itu, lalu diskusikanlah dengan anak Anda. Selain berbekal informasi dari internet, Anda juga sebaiknya menggali informasi dari orang-orang yang pernah mengenyam pendidikan di jurusan dan universitas tersebut.

Tips Persiapan Sebelum Menjalani Pendidikan Luar Negeri

Tahu Dimana dan Dengan Siapa Kamu Tinggal

Memutuskan sekolah di Negara orang mengharuskan kamu untuk memahami dan mengetahui lingkungan dimana kamu tinggal hingga dengan siapa kamu tinggal. Jika di tahun pertama kamu memutuskan untuk tinggal di asrama mahasiwa dengan sesama mahasiswa asing mungkin akan lebih memudahkanmu. Kamu dan sesame mahasiswa asing akan dengan mudah berkumpul dengan mahasiswa asing lainnya dan masuk ke beberapa komunitas. Namun tetap jangan lupakan bergaul dengan mahasiswa domestic. Jadilah pribadi yang percaya diri dan berteman sebanyak – banyaknya. Sehingga lebih memudahkanmu mengenal tempat tinggalmu dan orang – orang sekitarmu.

Mengetahui Manajemen Pengaturan Keuangan 

Selain mengenal lingkungan sekitar dan masuk dalam beberapa komunitas, belajar mengatur keuangan juga sangat penting dilakukan karena kamu sudah tidak tinggal bersama orangtuamu. Tak akan sesering dulu lagi ada sosok orangtua yang mengatur keuanganmu atau mengingatkanmu untuk berhemat. Satu – satunya pengingat itu adalah dirimu sendiri.

Lahaplah ilmu pengaturan keuangan yang dengan mudah kamu dapatkan di internet, mulai dari cara membagi uang untuk biaya makan, pembayaran tagihan, persiapan dana cadangan hingga menabung. Kamu juga bisa dengan mudah mengakses informasi biaya hidup Negara dan kota yang kamu tinggali.

Tips Persiapan Sebelum Menjalani Pendidikan Luar Negeri
Tips Persiapan Sebelum Menjalani Pendidikan Luar Negeri

Persiapkan Dirimu Sebaik Mungkin

Ketika sudah mantap memutuskan untuk pendidikan luar negeri, konsekuensi yang kamu terima adalah untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ketika kamu mempersiapkan diri sebaik-baiknya, sekolah di luar negeri tidak seseram yang kebanyakan orang utarakan kok. Cari dan lahap informasi sebanyak – banyaknya mengenai kampus dan kota dimana kamu tinggal lewat gadgetmu dan jika perlu lakukan konsultasi dengan konsultan pendidikan luar negeri pilihanmu untuk persiapan yang semakin matang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: