Hasil Final Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Portugal dan Polandia Lolos ke Qatar

Hasil Final Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Portugal dan Polandia Lolos ke Qatar

Dua timnas Eropa, Portugal dan Polandia berhasil mengantongi tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar. Keduanya melaju setelah memetik kemenangan pada pertandingan final babak playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Rabu (30/03/2022) dini hari WIB.

Timnas Portugal sukses mengalahkan Makedonia Utara 2-0 dalam laga final playoff yang diselenggarakan di Estadio do Dragao, Portugal. Kedua gol yang mengantarkan Portugal ke Piala Dunia 2022 tersebut dicetak oleh Bruno Fernandes di menit ke-32 dan 65.

Di menit-menit awal, Portugal cukup kesulitan mendobrak pertahanan Makedonia Utara. Mereka baru berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-32. Lewat umpan terobosan Cristiano Ronaldo kepada Bruno Fernandes, gelandang kreatif itu sukses mengubah skor menjadi 1-0.

Pada babak kedua, Bruno Fernandes kembali menembak gawang Swedia di menit ke-52. Namun tembakannya berhasil digagalkan Stole Dimitrievski, penjaga gawang Makedonia Utara yang tampil gemilang saat mereka menang 1-0 melawan Italia. Barulah di menit ke-65, Diogo Jota memberikan umpan lambung yang diselesaikan dengan apik oleh Bruno Fernandes dan menggandakan skor Portugal. Hingga akhir laga, Portugal menang 2-0 dari Makedonia Utara.

Dengan hasil ini, timnas Portugal dipastikan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 dimana pada akhir tahun nanti akan digelar di Qatar. Ini akan menjadi penampilan Portugal yang kedelapan kalinya di perhelatan akbar tersebut. Pencapaian terbaik Portugal hingga saat ini adalah pada edisi Piala Dunia 1966 dengan menjadi juara ketiga.

Kemenangan Portugal juga diikuti oleh Polandia yang meraih skor 2-0 saat menjamu Swedia di Stadion Silesian. Robert Lewandowski menyumbangkan gol pertama ke gawang Swedia lewat aksinya dari titik putih pada menit ke-49. Lalu pada menit ke-72, Piotr Zieliński sukses mencetak gol kedua Polandia dengan sepakan kerasnya.

Pada babak pertama, pertarungan antara kedua tim itu berlangsung cukup sengit. Bermain di kandang sendiri, Polandia bermain menekan sejak awal. Mereka berhasil mendapatkan beberapa kali peluang untuk menjebol gol Swedia namun selalu gagal. Barisan pertahanan Polandia dan Swedia cukup kuat hingga babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0.

Barulah pada babak kedua, Polandia melakukan gebrakan ke lini pertahanan Swedia. Mereka pun mendapatkan penalti yang sukses dieksekusi oleh Robert Lewandowski pada menit ke-49. Meski Swedia berbalik melakukan tekanan, Polandia terus menggempur pertahanan Swedia tanpa henti. Polandia kemudian berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-72 lewat tendangan Piotr Zieliński yang sukses menjebol gawang Swedia.

Skor ini bertahan hingga akhir pertandingan. Alhasil, Polandia berhasil mengamankan tiket dan menjadi tim kedua belas dari Zona Eropa yang lolos ke Piala Dunia 2022. Timnas Polandia pertama kali tampil di Piala Dunia edisi 1938 dan akan berlaga untuk kesembilan kalinya pada edisi Piala Dunia 2022 Qatar. Sama halnya dengan Portugal, Polandia juga menorehkan pencapaian terbaik dengan finis di tempat ketiga, yakni pada edisi 1974 dan 1982.

Kini dua belas negara telah mengunci tiket dari 13 slot yang disediakan untuk Zona Eropa yakni Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, Portugal, dan Polandia.

Ini berarti masih tersisa satu tiket lagi untuk Zona Eropa. Tiket tersebut akan diperebutkan oleh timnas Wales dan pemenang dari laga Skotlandia vs Ukraina.

Pertandingan semifinal playoff antara Skotlandia vs Ukraina sendiri terpaksa ditunda dikarenakan kondisi negara Ukraina yang belum stabil akibat invasi Rusia. Laga tersebut rencananya baru akan digelar Juni mendatang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.