Situs Purbakala Balairung Sari Nagari Tabek

0
Situs Purbakala Balairung Sari Nagari Tabek
Situs Purbakala Balairung Sari Nagari Tabek

Situs Purbakala Balairung Sari Nagari Tabek

Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatera Barat, kabupaten ini memiliki segudang keindahan ini juga merupakan sebuah kota yang menyimpan banyak sejarah tentang masa lalu terutama seputar tentang etnis Minangkabau. Salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kabupaten Tanah Datar yaitu Puncak Pato.

Ada sebuah tempat pra sejarah lainnya yang ada di Kabupaten Tanah Datar yaitunya Balirung Sari. Balirung Sari meupakan sebuah tempat yang pada zaman dahulunya dijadikan sebagai tempat bermusyawarah para pemuka adat.
Balirung Sari diperkirakan berdiri semenjak 300 tahun silam. Orang yang menjadi arsitek untuk pendiriannya adalah Tantejo Gurhano.
Balai adat Balairung sari 1 e1519782800840

Bangunan Balairung Sari terbentang dari utara ke selatan, dengan ukuran panjang 48,24 meter dan lebar 3,40 meter Bangunan terbuat dari kayu sedangkan untuk atapnya terbuat dari bahan ijuk. Bangunan ditopang dengan tiang kayu sebanyak 36 buah, setinggi 3 meter. Sedangkan tinggi panggung (lantai) adalah 1 meter.

Bangunan ini di desain dengan bagian terbuka tujuannya adalah ketika para pemuka adat bermusyawarah, masyarakat lain dapat melihatnya dengan jelas. Sementara itu lantai panggung dibuat merata dari ujung utara ke selatan, hal ini menandakan Balairung Sari Tabek bangunannya bercirikan sistem Bodi Caniago namun masyarakatnya tidak menganut sistem kelarasan tersebut, masyarakat Nagari Tabek menganut sistem lareh nan Bunta jadi mereka tidak menganut sistem kelarasan Bodi Caniago maupun Koto Piliang.

Lokasi

Lokasi dari Balirung Sari ini berada di daerah Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.
Editor: Alber

Tinggalkan Balasan