11 Tips dan Cara Cat Rambut Sendiri di Rumah

Tips dan Cara Cat Rambut Sendiri di Rumah

Bereksperimen dengan variasi warna rambut memang bisa membuat penampilan terlihat lebih menarik. Tapi, mewarnai rambut sendiri di rumah mungkin cukup merepotkan bagi sebagian orang. Padahal, sama sekali nggak susah, kok.

Biasanya, untuk mewarnai rambut, kebanyakan orang akan memilih untuk pergi ke salon. Namun, ada kalanya kita tidak bisa pergi ke salon.

Bila kamu ingin alternatif yang lebih cepat dan praktis, kamu sebenarnya bisa mengecat rambut sendiri di rumah! Kamu dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan kepada anggota keluargamu.

Nah, agar cat yang kamu aplikasikan di rambut merata, berikut ini 11 Tips dan Cara Cat Rambut Sendiri di Rumah yang bisa kamu ikuti.

1. Pilih Produk Cat Rambut yang Tepat

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum mewarnai rambut sendiri di rumah adalah memilih produk cat rambut yang tepat.

Pilih produk yang memiliki formula nggak mudah tumpah atau belepotan, sehingga aplikasinya jadi lebih mudah saat dilakukan sendiri di rumah.

Tips dan Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

2. Tentukan dulu warna yang cocok untuk kamu

Langkah yang paling utama dan yang paling penting adalah mengetahui jenis warna yang kamu inginkan.

Usahakan ketika ingin mewarnai rambut, kamu benar-benar memilih warna yang diinginkan. Kamu dapat memilih warna yang lebih terang atau lebih gelap dari warna asli rambut.

Jangan lupa juga untuk memilih cat rambut sesuai durasi yang kamu inginkan. Misalnya kamu suka gonta-ganti warna rambut, carilah cat rambut yang dapat hilang dalam beberapa minggu.

Karena, bila kamu memilih pewarna yang bersifat semi permanen atau permanen, hal itu akan membuat rambut kamu sulit untuk menyerap warna baru ketika dilakukan pewarnaan ulang.

3. Siapkan Perlengkapan yang Diperlukan

Selanjutnya, siapkan segala peralatan yang diperlukan untuk mewarnai rambut sendiri di rumah.

Mulai dari produk pewarna rambut pilihan, mangkuk non logam sebagai wadah pewarna, brush atau sikat untuk mengaplikasikan cat rambut, beberapa jepit rambut, sarung tangan dan handuk yang dikenakan di bagian pundak untuk melindungi pakaian dari pewarna yang menetes.

Jika peralatannya sudah lengkap, kamu bisa mulai melakukan ritual mewarnai rambut ini.

4. Cuci rambut dua hari sebelum pewarnaan

Pencucian rambut ditujukan agar cat yang kamu gunakan lebih menyatu dengan rambut asli ketika proses pewarnaan dilakukan.

Mencuci rambut sehari sebelum proses pewarnaan juga membuat warna rambut baru akan lebih bertahan lama.

Tips dan Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

 

5. Pisahkan Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Teknik yang tepat sangat penting untuk membuat hasil pewarnaan jadi lebih maksimal.

Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan jepit untuk menahan rambut agar tidak jatuh. Hal ini sangat penting untuk memudahkan aplikasi cat rambut agar lebih merata.

6. Sediakan dua kotak pewarna rambut

Bila kamu mempunyai rambut yang panjang dan tebal, ada baiknya jika kamu menyetok dua kotak cat rambut.

Biasanya pada kemasan pewarna rambut akan dicantumkan berapa panjang rambut yang dapat diwarnai dengan 1 kotak produk pewarna. Gunakan ini sebagai patokan

7. Cara Mengaplikasikan Cat Rambut

Campurkan pewarna rambut dalam sebuah wadah dan gunakan brush khusus sebagai aplikatornya. Fokus pada satu bagian rambut dan mulailah proses aplikasinya hingga merata.

Jangan lupakan bagian ujung rambut yang sering terlewatkan. Lakukan sedikit demi sedikit helai rambut agar pewarnaan lebih merata dan hasilnya maksimal.

8. Lakukan tes pada rambut dan kulit

Tes ini penting agar kamu mengetahui apakah rambutmu alergi terhadap produk pewarna rambut atau tidak.

Jika tidak, kamu dapat melanjutkan proses selanjutnya, yaitu tes pada rambut untuk mengetahui bahwa rambutmu bisa mengeluarkan warna yang kamu inginkan.

Tapi jika kamu merasakan panas atau kulit kamu menunjukkan reaksi kemerahan saat tes kulit, sebaiknya kamu menunda proses pewarnaan rambut untuk melihat reaksi lanjutan.

9. Lindungi baju dan lingkungan

Karena kamu akan mengecat rambut sendiri di rumah, kamu harus berhati-hati agar produk pewarna tidak akan menyebar kemana-mana.

Lebih baik kamu gunakan kaos bekas atau kaos yang sudah tak terpakai untuk melindungi badan kamu dari produk tersebut.

Tutupi juga tempat yang menurut kamu nanti akan terkena cipratan menggunakan kain ataupun plastik.

Jangan lupa juga untuk lindungi bagian telinga dan leher Anda dengan Vaseline atau lipbalm. Vaseline bisa menjaga daerah tersebut tetap terlindung dan mudah dibersihkan ketika terkena pewarna rambut.

10. Aplikasikan produk pewarna dari akar rambut

Akar rambut memerlukan waktu yang lama untuk berubah warna. Setelah mengaplikasikan ke akar, barulah lanjut mengaplikasikannya ke batang sampai ujung rambut.

Jangan lupa juga untuk berhati-hati bila mengaplikasikan cat rambut ke akar karena bisa saja kulit kepala terbakar atau alergi.

11. Tunggu 20 sampai 30 menit

Setelah kamu selesai mewarnai seluruh bagian rambut, tutup kepala dengan shower cap. Hal ini akan membuat proses oksidasi selama proses pewarnaan menjadi lebih maksimal.

Kemudian tunggu sampai 30 menit dan jangan lebih karena hal tersebut akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan cepat rusak bila terlalu lama.

Nah, itu dia tips untuk mewarnai rambut sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan jangan berantakan saat mengecat rambut ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.