5 Tips Mengobati Radang Amandel Secara Alami

  • Bagikan
tips mengobati radang amandel

Tips Mengobati Radang Amandel Secara Alami

Apakah kamu mengalami radang amandel?

Pasti banyak yang sudah tau, tapi pasti juga ada yang belum tau. Sebenarnya amandel ini adalah salah satu sistem pertahanan manusia, atau pabrik penghasil sel darah putih dan antibodi yang terletak di dinding mulut bagian belakang. Amandel sangat berguna untuk tubuh karena fungsinya mencegah infeksi, memang ada beberapa penyakit yang bisa menyerang amandel atau tonsil ini tapi kali ini sesuai topiknya kita akan ngebahas tentang tips mengatasi radang amandel.

Penyebab Radang Amandel

Radang amandel ini disebabkan karna virus dan bakteri yang masuk lewat mulut kita karena perilaku kita yang tidak membiasakan mencuci tangan sebelum makan atau pun hidung saat kita menghirup udara luar yang terkontaminasi virus.

Untuk itu sebaiknya kita menjaga kebersihan tangan kita selalu menerapkan 3 M. Apalagi di zaman pandemi seperti sekarang ini, kita sangat diwajibkan selalu mencuci tangan dan menggunakan masker.

Tips Mengobati Radang Amandel
Tips Mengobati Radang Amandel

Radang amandel ini sebenarnya bisa sembuh sendiri karna kekebalan tubuh melawan virusnya. Namun apabila gejala yang muncul sangat menganggu aktivitas, berikut ada beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa kamu coba:

1. Air Garam

Jangan sepelekan, ternyata garam sangat ampuh untuk menyembuhkan Radang amandel . Bumbu dapur satu ini memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri ataupun virus penyebab radang amandel.

Cara Penyajiannya:

  • Sediakan air putih dengan suhu normal segelas saja
  • Kemudian larutkan 1-2 sendok garam kedalamnya
  • Gunakan garam untuk berkumur-kumur
  • Sedangkan bagi kamu yang disertai dahak, silahkan diminum.

2. Lemon dan madu

Dulu pernah saya bahas mengenai manfaat madu yang luar biasa bagi kesehatan, termasuk salah satunya dapat mengatasi peradangan. Namun supaya hasilnya maksimal, sebaiknya campur dengan lemon. Buah ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Cara Penyajiannya:

  • Peras satu buah lemon segar, lalu campur bersama madu dalam satu gelas (banyaknya madu bisa disesuaikan selera)
  • Langsung saja minum campuran yang telah dibuat tadi sampai habis.

3. Minyak kayu putih

Tahukah kamu dengan terapi steaming? Pengobatan satu ini cukup populer di Jepang dan sekitarnya.

Steaming merupakan pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan uap untuk melancarkan sirkulasi darah, meringankan sakit kepala, mengurangi gejala peradangan, dan bahkan penghilang stres.

Nah, salah satu bahan yang bisa kamu pakai untuk pengobatan ini adalah minyak kayu putih.

Cara Penyajiannya:

  • Siapkan satu baskom air panas yang masih menguap
  • Tetesi air panas tadi dengan minyak kayu putih
  • Hirup aroma hangat yang keluar dari baskom berisi air panas tadi
  • Agar uap hangat tak kemana-mana, tutup dengan handuk kering
  • Lakukan penghirupan uap panas berulang sampai peradangan membaik.

4. Perbanyak istirahat (tidur cukup, kurangi aktifitas fisik, hindari capek)

Pada dasarnya radang amandel akan sembuh sendiri seiringan dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya kamu bisa memperbanyak istirahat.

Ingat, istirahat tidak hanya tidur saja. Kamu juga harus mengurangi aktivitas fisik seperti bekerja lembur dan olahraga agar tubuh tidak kecapekan. Karena jika tubuh kecapekan, sistem kekebalan akan kembali drop sehingga radang semakin parah.

5. Minum banyak air putih

Istirahat saja tidak cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu juga harus memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi air putih minimal 2-3 liter sehari.

Selain dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, konsumsi banyak air putih juga dapat mencegah dehidrasi.

Dengan 5 tips diatas dapat lakukan untuk membantu kekebalan tubuh atau sel darah putih kita menghancurkan virus penyebab radang amandel, sehingga kondisi amandel akan normal kembali. Jadi kuncinya ada pada sistem imunitas, ketaatan dan kesabaran, jadi jika anda terkena radang amandel tak perlu panik ya. Tetap jaga kesehatan dan selalu terapkan hidup bersih serta makan makanan yang sehat. Usahakan selama melakukan pengobatan diatas kamu tidak banyak berteriak, mengonsumsi makanan berlemak, makanan manis, makanan berminyak (gorengan), dan obat kimia jenis apapun.

Menemui Dokter

Meskipun bisa sembuh dengan sendirinya, tapi sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter apabila mengalami radang amandel yang tidak kunjung sembuh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: