Tradisi Randai Di Jorong Sonsang dan Cerita Gadih Ranti

  • Bagikan
Tradisi Randai Di Jorong Sonsang
Tradisi Randai Di Jorong Sonsang

Tradisi Randai Di Jorong Sonsang dan Cerita Gadih Ranti

Jorong Sonsang merupakan sebuah desa yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Agam, Kecamatan Tilatang Kamang Nagari Koto Tangah.

Seperti yang penulis ceritakan pada artikel-artikel sebelumnya, desa ini memiliki banyak sekali potensi alam dan tradisi yang dimilikinya. Oleh karena itu lah penulis sangat tertarik untuk membahas dea ini ke mata publik.

Minangkabau memiliki banyak sekali tradisi-tradisi yang unik dan layak untuk di tonton. Contoh saja seperti tradisi tari piring dan tari pasambahan ketika penyambut kedatangan orang-orang penting. Dan ada satu lagi yang sudah lama sekali dijadikan sebagai pembawa kabar berita yaitunya Randai.

Randai merupakan sebuah tradisi yang sudah dikenal oleh masyarakat minangkabau sejak beratus tahun yang lalu, dan begitu juga dengan Randai di Jorong Sonsang. Sejak Zaman pejajahan dahulu tradisi ini sudah dikenal oleh masyarakat, hanya saja penulis tidak mengetahui kapan dan siapa yang menjadi asal mula dibentuknya tradisi randai ini.

Seperti yang penulis ceritakan pada artikel “Sejarah Randai yang patut kita ketahui” ada beberapa poin penting yang dapat kita ambil dari situ, yaitu tidak adanya penentuan waktu yang pasti kapan asal mula randai ada di Minangkabau. hanya dari situ dapat kita lihat bahwa tradisi randai sudah dikenal masyarakat sejak masyarakat Pariangan Padang Panjang ketika mereka menangkap rusa yang keluar dari dalam laut.

Sebenarnya penulis sangat tertarik sekali unutk menelurusi tentang tradisi randai ini, namun sampai saat ini penulis masih menemukan kapan dan siapa yang menjadi pelopor tradisi randai tersebut.

nah sekarang kita kembali ke topik utama yaitu tradisi Randai di Jorong Sonsang dan cerita Gadih Ranti.

apa sih yang menarik dari pembahasan ini?

yang menarik adalah tradisi randai yang ada di Jorong Sonsang ini sebagian besar cerita yang di ambil dari cerita gadih Ranti, hal ini dikarenakan pada zaman dahulu gadih Ranti yang merupakan sebuah cerita legenda yang sangat terkenal itu pernah singgah ke Jorong Sonsang. karena hal itu lah masyarakat di Jorong Sonsang sering sekali mengangkat cerita yang behubungan dngan Gadih Ranti.

Sangat banyak sekali versi cerita yang ada di jorong Sonsang ini. Jika pembaca tertarik ingin mengetahui seperti apa tradisi randai yang ada di jorong Sonsang, silahkan saja datang ke situ. Lokasi sanggar nya sangat berdekatan sekali dengan lokasi wisata, nah bagi pembaca yang ingin bekunjung ke wisata alam Taman Tirtasari pembaca bisa singgah untuk melihat Sanggar Seni Taman Tirtasari Wisata. lokasinya tidak di dalam ruangan jadi ketika pembaca berkunjung ke Taman Tirtasari pada sore hari kemungkinan besar pembaca akan melihat anak-anak Jorong Sonsang sedang melakukan latihan Randai.

Nah apakah pembaca tertarik, jika iya silahkan bekunjung 😉

Update 26 Agustus 2017

Editor: Alber

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: