10 Daya Tarik Wisata Tabanan Bali yang Wajib untuk Dikunjungi

Alber Andesko - Tak Berkategori
  • Bagikan

 10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI

Terletak sekitar 35 km sebelah barat kota Denpasar, Bali, Tabanan 

merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang menawarkan banyak tempat wisata menarik dan menakjubkan untuk dikunjungi. Destinasi wisata alam dan budaya Bali bisa kamu jadikan pilihan menarik dalam agenda liburan di Pulau Bali bersama keluarga.
Selain wisata pantai, di Tabanan kamu juga dapat mengunjungi wisata sejarah atau wisata budaya Bali yang pastinya akan membuat kamu betah berlama-lama di Pulau Bali seperti mengunjungi Tanah Lot dengan keindahan sunsetnya, Pura Ulun Danu Beratan yang merupakan salah satu ikon wisata Pulau Bali atau ke Jatiluwih untuk melihat keindahan area persawahan berundak yang hanya bisa temukan di Kabupaten Tabanan, Bali.
Berikut 10 daya tarik wisata terbaik di Tabanan, Bali yang dapat kamu kunjungi dan nikmati keindahannya.


1. Tanah Lot
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Daya tarik wisata terbaik di Tabanan selanjutnya yang harus kamu kunjungi adalah Wisata Tanah Lot. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam laut selatan Bali dengan ombak dan tebingnya yang khas. Selain itu Tanah Lot sangat terkenal dengan matahari tenggelamnya (sunset) yang bagaikan lukisan alam di atas cakrawala senja.
Terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, Tanah Lot merupakan pura yang berdiri anggun di atas sebuah pulau pinggir pantai Laut Selatan. Pura ini sudah dikelola secara profesional serta sudah dilengkapi dengan fasilitas parkir, public toilet, art shop, restoran, hotel, open stage, tourist information centre serta fasilitas security dan safety.

Dengan panorama alam yang begitu indah dan nuansa sakral yang begitu kuat, Tanah Lot merupakan tempat wisata di Bali yang wajib untuk Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.
2. Pura Ulun Danu Beratan
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Pura Danu Beratan adalah salah satu daya tarik wisata terbaik di Tabanan yang wajib untuk Anda kunjungi. Pura yang berdiri megah di dalam Kaldera Gunung Beratan Purba dengan dikelilingi panorama Gunung Pangelengan, Bukit Puwun, Bukit Tapak, dan bukit-bukit kecil lainnya yang terlihat masih sangat asri dan alami dengan latar belakang pegunungan dan Danau Beratan serta taman-taman bunga yang tertata rapi dan sedap dipandang mata, Kami jamin, Anda akan betah berlama-lama di tempat yang indah dan berhawa sejuk ini.
3. Jatiluwih
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Daya tarik wisata Tabanan selanjuntya yang dapat kamu kunjungi adalah objek wisata Jatiluwih yang berhawa sejuk dan indah. Tempat ini terkenal dengan keindahan panorama persawahannya yang dibuat berundak (Terasiring) atau dikenal dengan sebutan sawah berteras khas Bali yang akan membuat Anda semakin mencintai Pulau Bali. Daerah persawahan ini berbentuk teras dengan luas sekitar 626 hektar memakai sistem pengairan Subak yaitu sistem pengairan atau irigasi tradisonal Bali yang berbasis budaya.

Selain memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan, Di Jatiluwih juga terdapat wisata budaya dimana kamu dapat melihat peristiwa sejarah pembangunan sebuah pura yang ada kaitannya dengan nama kekuasaan raja Ida Dalem Waturenggongdi Keraton Gelgel (1460 – 1551).

Objek wisata Jatiluwih selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menikmati hawa sejuk dan keindahan serta hamparan sawah berundak. 
4. Pura Alas Kedaton

10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI

Terletak di wilayah Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, Pura Kedaton atau Pura Alas Kedaton adalah salah satu daya tarik wisata terbaik di Tabanan selanjutnya yang wajib untuk Anda kunjungi. Pura yang dibangun oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakreta pada zaman pemerintahan Raja Cri Masula Masuli menurut bunyi prasasti Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung disebutkan mulai bertahta pada tahun Isaka 1.100 masehi.
Pura yang menghadap arah barat ini terdapat empat buah “pamedal” pintu sebagai tempat masuk dan keluardan merupakan hal yang istimewa karena pada Pura karena tidak lazim dijumpai yaitu dari arah Barat terdapat sebuah “Pemedal” (pintu) sebagai tempat masuk dan keluar ke dan dari Jaba Tengah.
Selain dapat menjumpai beragam keunikan yang ada di pura, Anda juga dapat menjumpai segerombolan kera yang hanya berbekal kacang atau ketela kamu dapat berinteraksi dengan aman sambil berfoto ria. Selain disambut oleh segeromnolan kera, Kamu juga dapat melihat keberadaan kalong raksasa yang memang tinggal di hutan sekitar Pura Alas Kedaton yang memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Mengwi.
5. Pantai Kedungu
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Terletak di Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kabupaten Tabanan, Pantai Kedungu adalah salah satu daya tarik wisata terbaik di Tabanan selanjutnya yang menyuguhkan panorama pantai yang begitu indah. Selain menawarkan keindahan pantai, Pantai Kedungu juga memiliki keunikan tersendiri dimana kamu dapat melihat tebing dengan air terjun kecil yang dibagian bawahnya terdapat tumpukan batuan besar yang menambah keeksotisan pemandangan alam Pantai Kedungu.
Dengan hamparan pasir berwarna hitam bersih, Pantai Kedungu selalu menjadi tempat favorit liburan keluarga untuk menikmati panorama matahari tenggelam (sunset), berenang,  surfing atau bersantai sambil menikmati makanan khas Bali bersama keluarga. 
6. Puri Anyar Dan Puri Gede Kerambitan
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Terletak di Desa Kerambitan, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali, Puri Anyar dan Puri Gede Kerambitan adalah puri peninggalan purbakala dengan lukisan-lukisan terkenalnya peninggalan dari abad ke-17. Selain dapat menikmati keindahan puri, Kamu juga dapat menyaksikan beberapa kegiatan seni di tempat ini seperti Tektekan, Joget Bumbung, Tari Andir, Tari Leko yang dilengkapi dengan penyuguhan santap malam ala puri sesuai dengan pesanan kamu.
7. Pantai Kelating
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Tidak hanya daerah Bali selatan yang terkenal dengan keindahan pantainya. Di Tabanan juga terdapat deretan pantai-pantai cantik yang mampu memanjakan mata. Satu diantaranya adalah Pantai Kelating. Selain menyuguhkan panorama pantai yang membuat kamu terpesona, Ombak Pantai Kelating juga terbilang cukup besar sehingga pantai ini tidak saja cocok sebagai tempat bersantai tetapi juga sangat ideal buat kamu yang memiliki hobi surfing. 
Selain itu suasana di Pantai Kelating masih terbilang cukup lenggang sehingga kamu akan dengan mudah untuk mendapatkan ketenangan di tengah-tengah suasana pantai yang indah, alami dan menyegarkan bersama keluarga. 
8. Sarin Buana
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Terletak di tengah-tengah hutan lindung pada sisi sebelah tenggara punggung Gunung Batukaru dengan ketinggian 1.000 mdpl, Desa Adat Sarin Buana menawarkan panorama alam yang asri dan alami dengan udara pegunungan yang dingin. Selain itu kamu juga bisa dapat mengunjungi Pura Luhur Jatiluwih atau beristirahat dengan nyaman di hotel atau vila yang banyak terdapat di daerah ini. 
9. Air Terjun Pujungan
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Terletak di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali, Air Terjun Pujungan atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Blemantung merupakan daya tarik wisata Tabanan selanjuntya yang wajib kamu kunjungi dan nikmati keindahannya saat berkunjung ke wilayah ini. Suasana di Air terjun setinggi 25 meter ini masa terasa asri dan alami dengan udaranya yang sejuk sehingga kamu akan terasa nyaman dan betah berlama-lama berada di tempat yang indah ini. 
10. Wisata Bedugul
10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI
Bedugul adalah salah satu daya tarik wisata Tabanan yang wajib untuk kamu kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Bedugul, Bali. Tempat ini sangat terkenal sebagai salah satu tempat liburan keluarga terbaik di Pulau Bali dengan menawarkan perkebunan yang luas, pemandangan danau serta keindahan arsitektur pura-pura Hindu. Karena lokasinya berada pada daerah pegunungan pada ketinggian 1.500 mdpl, Kamu akan terasa nyaman dan tenang berlibur di daerah berhawa sejuk khas pegunungan. 

Selain mewarkan pemandangan alam yang eksotis, Wisata Bedugul juga terdapat Pura Ulun Danu Beratan dan Kebun Raya Bali yang pastinya akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.
10. Taman Pujaan Bangsa Margarana

10 DAYA TARIK WISATA TERBAIK DI TABANAN, BALI

Bali, bukan hanya pulau yang dikenal dengan agama Hindunya saja. Namun juga dikenal dengan perjuangan rakyat dan kerajaan Bali dalam mempertahankan wilayah dari inperialisme Belanda. Sehingga tidak mengherankan jika di Bali banyak terdapat monumen sejarah yang menjadi tempat wisata populer di Bali yang salah satunya adalah wisata sejarah Taman Pujaan Bangsa Margarana yang dibangun untuk mengenang terjadinya tragedi Perang Puputan Margarana.

Terletak di Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, Di objek wisata yang dibangun pada tahun 1967 ini kamu dapat melihat dan menyaksikan sejarah terjadinya Tragedi Perang Puputan yang terjadi pada 20 November 1946 ketika pasukan pejuang Republik Indonesia (Ciung Wanara) yang dipimpin oleh Kolonel I Gusti Ngurah Rai melawan kaum penjajah Belanda.

Nah itulah 10 daya tarik wisata terbaik di Tabanan, Bali yang dapat kamu kunjungi. Semoga rekomendasi dari kami dapat menambah wawasan Anda saat ingin berlibur ke Pulau Bali khususnya daerah Kabupaten Tabanan.Semoga bermanfaat.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan