10 Karya Seni Tertua Yang Ada di Dunia

Alber Andesko - Tak Berkategori
  • Bagikan

Seni adalah salah satu aspek terpenting dari budaya manusia yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu jauh sebelum bukti bahasa muncul. Beberapa artefak tertua di dunia menjelaskan sejarah manusia akan karya seni yang telah berusia puluhan ribu atau ratusan ribu tahun yang lalu. Karya-karya seni ini menunjukkan bagaimana budaya manusia telah berevolusi selama ribuan tahun yang berkisar pada garis dan titik-titik abstrak hingga figur manusia dan hewan. 


Walaupun penermuan baru terus dilakukan setiap tahunnya, dibawah ini adalah karya seni tertua di dunia yang telah ditemukan sejauh ini. 


10. Venus of Hohle Fels


10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA


Venus of Hohle Fels adalah patung venus paling terkenal di dunia yang pernah ditemukan lebih dari satu dekade yang yang lalu di Hohle Fels, Schelklingen, Jerman berusia antara 35.000 – 40.000 SM. Sosok yang sangat kecil yang diukir dari gading mammoth memiliki panjang 60 milimeter menggambarkan sosok wanita yang menggairahkan (memiliki payudara besar dan bentuk wanita) tanpa kepala yang sebagai gantinya ada sebuah cincin dimana kepala seharusnya ada. Para arkeolog percaya bahwa Venus of Hohle Fels digunakan sebagai kalung.
Tahun dibuat : 35.000 – 40.000 tahun yang lalu
Lokasi : Hohle Fels, Schelklingen, Jerman
Jenis seni : Patung Venus (Wanita)
Bahan yang digunakan : Gading Mammoth yang diukir. 


9. Lion Man of the Hohlestein Stadel


10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA


Karya seni tertua di dunia yang pernah ditemukan selanjutnya adalah Lion Man of the Hohlestein Stadel atau manusia singa dari Hohlestein Stadel yang merupakan salah satu karya seni prasejarah paling menarik yang pernah ditemukan. Figur manusia singa menggambarkan kepala singa pada tubuh laki-laki yang diukir dari sepotong gading mammoth yang dibuat antara 38.000 – 40.000 tahun yang lalu. Benda ini secara luas dianggap sebagai contoh tertua seni figuratif. Selain itu Lion Man of the Hohlestein Stadel juga merupakan patung zoomorphic tertua yang dikenal dunia.


Patung yang pertamakali ditemukan di Hohlestein Stadel, Swabia Juran, Jerman pada tahun 1939 serta antara tahun 2009, 2012 hingga 2013, Saat ini dipajang di Museum Ulm, Jerman.
Tahun dibuat : 38.000 – 40.000 tahun yang lalu
Lokasi : Hohleinstein -Stadel, Swabian Jura, Jerman
Jenis seni : Patung Manusia Singa
Bahan yang digunakan : Pahatan sepotong gading mammoth menggunakan pisau batu api.


8. Borneo Cave Art


10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA


Pada akhir tahun 2018 lalu, para arkeolog berhasil menemukan apa yang sekarang menjadi seni figuratif tertua di dunia disebuah gua di Pulau Kalimantan, Indonesia.Seni gua ini menunjukkan gambar-gambar sapi liar yang dibuat dengan oker merah dan telah berusia lebih dari 40.000 tahun yang lalu. 


Seperti banyak penemuan terbaru lainnya, Seni gua di Kalimantan diberi tanggal menggunakan teknik yang lebih baru yaitu penanggalan flowstone menggantikan penanggalan radiokarbon. Menurut para arkeolog, tanggal seni gua di Kalimantan menunjukkan bahwa seni manusia telah bergeser dari seni abstrak ke seni figuratif pada waktu yang sama di Asia dan Eropa.
Tahun dibuat : 40.000 tahun yang lalu
Lokasi : Pulau Kalimantan, Indonesia
Jenis seni : lukisan dinding gua
Bahan yang digunakan : Oker pada dinding gua


7. La Ferrassie Cave Cupules

10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA


Komplek gua La Ferrassie adalah salah satu situs arkeologi tertua di Perancis dan juga merupakan rumah bagi salah satu karya seni tertua di dunia yang dikenal. Walaupun lekukan berbentuk cangkir mungkin tidak seindah beberapa seni gua lainnya, Tetapi karya seni gua La Ferrassie sama pentingnya untuk menjelaskan praktik budaya awal manusia purba.
Cupules di gua La Ferrassie terbentuk antara 40.000 – 60.000 tahun yang lalu. Selain cupules, gua ini juga memiliki banyak lukisan, patung hewan dan pahatan batu dan yang paling menakjubkan diyakini sebagai gambaran vulva.

Tahun dibuat : 40.000 – 60.000 tahun yang lalu
Lokasi : Les Eyzies, Dordogne, Perancis
Jenis seni : Cupules (lekukan berbetuk cangkir yang diukir pada permukaan batu)
Bahan yang digunakan : Batu Palu digunakan untuk mengukir bentuk cangkir diatas batu.  

6. Ukiran Cangkang Telur Diepkloof  

10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA


Pada sekitar awal tahun 2010 yang lalu, Para ilmuwan telah berhasil menemukan salah satu karya seni tertua di dunia berupa pecahan cangkang telur burung unta purba yang ditutupi oleh simbol terukir di Diepkloof Rock Shelter, Afrika Selatan. Ukiran kulit telur ini diperkirakan telah berusia 60.000 tahun.

Para arkeolog menemukan bahwa ukiran tersebut telah berubah seiring berjalannya waktu dengan munculnya dua pola utama. Sementara desain lama menunjukkan garis arsir yang mirip dengan rel kereta api. Sedangkan ukiran yang lebih baru terdiri dari garis paralel. Peneliti juga mencatat bahwa perubahan warna pada kulit telur sebagian besar disebabkan oleh cangkang yang secara tidak sengaja jatuh kedalam api dan pecah.

Tahun dibuat : 60.000 tahun yang lalu
Lokasi : Diepkloof Rock Selter, Western Cape, Afrika Selatan
Jenis seni : Ukiran Cangkang Telur
Bahan yang digunakan : Kulit telur burung unta purba.
5. Stensil Tangan di Gua Maltravieso
10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA

 

Stensil tangan di Gua Maltravieso yang ditemukan di Spanyol ini telah mengubah pemahaman para ilmuwan tentang sejarah seni manusia. Lukisan-lukisan tangan di Gua Maltravieso sudah sangat tua berkisar 64.000 – 66.000 tahun yang lalu sehingga tidaklah mungkin dibuat oleh manusia Homo Sapiens. Sebaliknya para peneliti percaya bahwa stensil tangan ini dibuat oleh Neanderthal.

Stensil tangan Gua Maltravieso saat ini merupakan lukisan tangan tertua di dunia yang dibuat dengan menggunakan pigmen oker merah. Pigmen ini diberi tanggal menggunakan metode baru yang disebut penanggalan uranium-thorium yang lebih akurat daripada menggunakan penanggalan radiokarbon.
Tahun dibuat ; 64.000 – 66.700 tahun yang lalu
Lokasi : Caceres, Extremadura, Spanyol
Jenis seni : Stensil tangan di dinding gua
Bahan yang digunakan : Oker merah.

4.  Blombos Cave Rock Art
10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA

 

Gua Blombos di Afrika Selatan adalah salah satu harta karun seni prasejarah yang berasal sekitar 70.000 tahun yang lalu. Seni batu di Gua Blombos juga merupakan seni paling tua yang pernah ditemukan di Afrika. Penemuan paling penting di gua ini adalah adanya dua batu yang dihiasi desain garis silang yang dibuat dengan krayon oker. Arkeologi menemukan ratusan tumpukan oker yang telah digiling dan diubah menjadi krayon. Sementara para ilmuwan percaya bahwa krayon-krayon ini dibuat khusus untuk tujuan desain. 

Selain ukiran pada batu di Gua Blombos para arkeolog juga menemukan manik-manik kerang yang juga berasal dari sekitar 70.000 – 75.000 tahun yang lalu.
Tahun dibuat : 70.000 – 75.000 tahun yang lalu
Lokasi : Cagar Alam, Pribadi Blombos, Heidelberg, Western Cape, Afrika Selatan
Jenis seni : Ukiran batu
Bahan yan digunakan : Krayon oker di atas batu gua

3. Venus of Tan-Tan
10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA

 

Seperti halnya Venus dari Berekhat Ram yang berasal dari periode waktu yang sama, status Venus of Tan-Tan sebagai sebuah karya seni masih dipertanyakan. Venus Tan-Tan dan Venus Berekhat Ram sering disebut secara bersamaan karena keberadaan dan penanggalannya telah lebih dari 200.000 tahun  yang memberikan bukti bahwa pada tahun tersebut, Bentuk seni tertua di dunia ini dibuat oleh nenek moyang manusia purba dan bukan hasil dari fenomena alam.

Venus of Tan-Tan telah dipelajari secara ekstensif dan para ilmuwan setuju bahwa beberapa tanda pada batu tersebut adalah alami. Namun para peneliti ini percaya bahwa garis alami Venus of Tan-Tan dibuat oleh tangan manusia.

Venus of Tan-Tan terbuat dari batuan kuarsit dengan panjang 6 centimeter, lebar 2,6 centimeter dan tebal 1,2 centimeter.
Tahun dibuat : 200.000 – 500.000 tahun yang lalu
Lokasi : Tan-Tan, Maroko
Jenis seni : Patung Venus (wanita)
Bahan yang digunakan : Batuan Kuarsit

2. Venus of Berekhat Ram
10 KARYA SENI TERTUA DI DUNIA

 

Patung venus berekhat Ram merupakan karya seni tertua di dunia yang masih kontroversial karena para ilmuwan belum dapat menyetujui apakah bentuk seni ini dibuat oleh tangan manusia mengingat usianya yang sudah sangat tua berkisar 230.000 – 700.000 tahun yang lalu.

Sementara status resmi Venus of Berekhat Ram belum ditentukan, analisis mikrokopis menunjukkan bahwa tanda pada batu itu dibuat oleh alat yang sangat tajam. Namun ada komunitas ilmiah yang masih percaya bahwa tanda pada batu merupakan hasil dari erosi. Selain analisis mikrokopis, Venus of Berekhat Ram dibuat antara tahun 230.000 – 700.000 tahun yang lalu  yang menjadikannya sebagai patung prasejarah paling tua di dunia yang pernah ditemukan

Tahun dibuat : sekitar 230.000 – 700.000 tahun yang lalu
Lokasi : Berekhat Ram, Dataran Tinggi Golan, antara Syria dan Israel.
Jenis seni : Patung Venus (wanita)
Bahan yang digunakan : Kerikil tufa merah (batuan yang terbuat dari abu vulkanik).

1. Bhimbetka Petroglyphs
a1

 

Karya seni tertua di dunia selanjutnya adalah Bhimnetka Petroglyphs, petroglif atau patahan batu di penampungan batu Bhimbetka di Madya Pradesh, India yang telah berusia sekitar 290.000 tahun yang lalu. Pahatan batu Bhimbetka Petroglyphs terdiri dari cupula (cekungan berbentuk cangkir yang telah di palu ke permukaan batu) dan merupakan bentuk seni tertua di dunia yang pernah ditemukan.
Komplek Gua Bhimbetka terbuat dari lebih dari 700 tempat perlindungan batu dengan bagian paling terkanal dari komplek ini adalah adanya Gua Auditorium yang merupakan gua terbesar dari tempat perlindungan Bhimbetka dan dikelilingi oleh menara batu kuarsit yang dapat dilihat dari jarak beberapa kilometer.

Selain petroglif, tempat perlindungan batu Bhimbetka adalah rumah bagi lebih 500 murai gua dan contoh seni paleolitik lainnya.
Tahun dibuat : 290.000 – 700.000 tahun yang lalu
Lokasi : Distrik Raisen, Madya Pradesh, India
Bentuk seni : Cupules (Lekukan berbetuk cangkir yang diukir di permukaan batu)
Bahan yang digunakan : Batu Palu yang digunakan untuk mengukir bentuk cangkir di atas batu.
 
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan