fbpx

8 Kuil Tertua Yang Ada Di Dunia

Alber Andesko - Tak Berkategori
  • Bagikan

Beberapa bangunan pertama yang dibangun oleh peradaban kuno adalah kuburan dan kuil yang digunakan untuk upacara keagamaan, Beberapa kuil tertua di dunia dibangun lebih dari 5.000 tahun yang lalu yang berlokasi yang sekarang disebut negara kepulauan Malta. Namun meskipun kuil-kuil yang terdapat di Malta ini terbilang cukup tua, Kuil tertua di dunia telah dibangun sejak 6.000 tahun yang lalu atau lebih tua dari peradaban pertama yang terbentuk di Mesopotamia Kuno. Kuil-kuil tertua di dunia ini sangat penting bagi pemahaman kita tentang keberadaan masyarakat paling awal manusia sehingga hampir semuanya telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO .

Berikut 8 Kuil Tertua di Dunia yang masih dapat Anda saksikan hingga hari ini.
8. Kuil Amada
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Kuil Amada adalah kuil Mesir tertua yang pernah ditemukan. Kuil yang terletak di Nubia ini pertamakali dibangun oleh Pharoh Thutmose III dari Dinasti ke-18 sekitar tahun 1.500 SM. Kuil ini dibangun untuk didedikasikan kepada para dewa Mesir Amun dan Re-Horakhty. Setelah kematian Thutmose, pembangunan kuil ini dilanjutkan oleh putranya Amenhotep II.
Hingga saat ini, bagian dalam kuil masih terpelihara dengan sangat baik dengan relief warna-warni yang menggambarkan Thutmose III dan Amenhotep II yang dianut oleh berbagai dewa Mesir. Kuil ini bersama dengan beberapa monumen kuno lainnya dipindahkan pada tahun 1960 ketika pemerintah Mesir memutuskan untuk membangun Bendungan Tinggi Aswan ketempat yang lebih tinggi.
7. Ziggurat dari Ur
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Ziggurat dari Ur adalah salah satu kuil tertua di dunia yang telah dipresisi (piramida berundak) dari Mesopotamia Kuno. Kuil yang terletak di kota Ur atau sekarang berada di kota Tell el-Muqayyar, Provinsi Dhi Qar, Irak.  ini dibangun pada 2.100 SM di negara kota Sumeria oleh Raja Ur-Nammu untuk menghormati Nanna (Dewa Bulan). Kuil sepanjang 64 meter dengan lebar 46 meter dan tinggi 30 meter mungkin jauh lebih tinggi pada masa lalunya karena saat ini hanya fondasinya saja yang tetap bertahan.
Orang Sumeria percaya bahwa Nanna memilih Ziggurat di Ur sebagai rumah duniawi dewa dan menempatkan kuil kecil di puncak bangunan. Situs yang ditemukan pada tahun 1850 ini mulai digali pada tahun 1920-an dan direnovasi pada tahun 1980-an oleh mantan Presiden Irak, Saddam Hussein.  
6. Aal-Saflieni Hypogeum
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Aal-Saflieni Hypogeum adalah kuil bawah tanah tertua di dunia yang dibangun pada sekitar tahun 3.300 – 3.000 SM di Paolo. Malta. Kuil yang ditemukan kembali pada tahun 1902 ini adalah salah satu dari beberapa Kuil Megalitikum yang ditemukan di Pulau Malta. Hypogeum dianggap telah digunakan sebagai kuil, tempat suci atau nekropolis dengan beberapa peninggalan paling awal yang ditemukan di situs ini bertanggal sekitar 4.000 SM.
Selain sebagai salah satu kuil tertua di dunia, Hypegeum juga merupakan salah satu kuil yang terpelihara dengan sangat baik hingga saat ini. Para arkeologi percaya bahwa kuil Aal-Saflieni Hypogeum telah digunakan hingga 2.500 SM hingga ditemukan kembali pada tahun 1902. 
Saat ini kuil Aal-Saflieni Hypogeum dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1980 dan telah direnovasi kembali pada tahun 2016 hingga awal tahun 2017.
5. Kuil Tarxien
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Kuil Tarxien adalah kuil megalitik terbesar di dunia  yang berada di negara Malta. Situs ini terdiri dari empat kuil yang dibangun antara tahun 3.600 – 2.500 SM. Kuil-kuil ini pernah ditinggalkan selama sekitar 100 tahun sebelum digunakan kembali antara tahun 2.400 – 1.500 SM hingga ditemukan kembali oleh para arkeolog pada tahun 2013.

Bukti yang ditemukan para arkeolog dalam penggalian yang dilakukan pada tahun 2015 – 2019 ini mengungkapkan bahwa kompleks kuil kemungkinan besar telah digunakan untuk upacara ritual termasuk untuk pengorbanan hewan. Tarxien juga memberikan wawasan tentang bagaimana struktur megalitik ini dibangun sebagai bola batu. yang diyakini sebagai rol untuk transportasi yang ditemukan di dekat Kuil Selatan.

4. Kuil Najdra
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Kuil tertua di dunia selanjutnya adalah Kuil Najdra yang dibangun sekitar 3.600 – .3.200 SM. Kuil yang terletak di Qrendi, Malta atau sekitar berjarak 500 meter dari Kuil Megaltikum lain yang disebut Aagar Qim ini terdiri dari tiga struktur candi. struktur tertua dan pertama atau Kuil Pusat yang dibangun terakhir yang ditempatkan diantara Kuil Pertama dan Kuil Selatan. ditemukan kembali pada tahun 1840 masehi.
Ada lebih banyak peninggalan di selatan dan timur laut dari ketiga candi ini. yang menunjukkan bahwa pada satu titik kompleksnya jauh lebih besar daripada sekarang. Meskipun Kuil Mnajdra telah terpelihara dengan sangat baik sejak pertamakali di gali pada tahun 1840, Namun pada tahun 2001, para pengacau berhasil menggulingkan dan memecahkan 60 megalit. Untungnya kerusakan tersebut dapat segera diperbaiki dan kuil dibuka kembali untuk umum pada tahun 2002.
3. Qagar Qim
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Seperti beberapa kuil tertua di dunia lainnya dalam daftar ini, Qagar Qim adalah kuil megaltik kuno yang ditemukan di negara Pulau Malta. Qagar Qim adalah salah satu kuil tertua di negara ini yang dibuat pada sekitar 3.600 – 3.200 SM yang terbuat dari Batu Gamping Globigorina.
Meskipun sebagian besar kuil diperuntuk buat pemakaman, batu-batu tertinggi dibiarkan terbuka dan dapat dilihat dalam lukisan abad ke-18 dan 19. Qagar Qim pertama kali di gali pada tahun 1839 dengan beberapa benda budaya penting berhasil ditemukan. Pada tahun 1992, Qagar Qim dan empat struktur megalitik lainnya di Malta diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
2. Kuil Ggantija
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Kuil Ggantija adalah bangunan candi kedua tertua di dunia dan beberapa bangunan batu tertua di dunia yang masih berdiri hingga saat ini. Kuil Ggantija adalah yang tertua dari Kuil Megalitik di Malta yang merupakan Kuil Prasejarah yang dibangun antara tahun 3.600 – 700 SM di Pulau Malta.
Penelitian arkeologis menunjukkan bahwa kuil-kuil dibangun untuk menghormati Bunda Bumi Besar atau Dewi Kesuburan. Dipercaya juga bahwa candi digunakan juga untuk ritual kesuburan dan patung-patung serta tulang binatang berhasil ditemukan disekitar lokasi yang pertamakalinya ditemukan kembali pada tahun 1827 masehi.
Menurut legenda kuno, Kuil Ggantija dibangun oleh raksasa wanita bernama Sunsuna yang memiliki anak dengan manusia sebagai tempat ibadah.
1. Gobekli Tepe
8 KUIL TERTUA DI DUNIA
Kuil tertua di dunia yang pernah ditemukan adalah Kuil Gobekli Tepe yang dibangun sekitar 9.000 SM di Orencik, Provinsi Sanliurfa, Turki. Kuil ini ditemukan kembali pada tahun 1960-an oleh para antropolog dari University of Chicago dan Istambul University. Pada tahun 1994, Klaus Schmidt dari German Archaelogical Institute mengunjungi reruntuhan dan merasa bahwa kuil ini jauh lebih tua dan lebih menarik daripada apa yang dipikirkan oleh para peneliti sebelumnya.
Setahun kemudian Schmidt dan tim kecilnya menemukan megalit pertama dan terus menggali situs tersebut sampai kematiannya pada tahun 2014. Sampai penemuan Schmidt, para arkeolog percaya bahwa pertanian mengarah pada pembentukan peradaban pertama. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: