Mesin Pencari Web atau Web Search Engine

0

Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. 

Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritme kepemilikan dan basis data tertutup.

Berikut adalah contoh dari mesin pencari web:

Google.com
Apalagi seperti yang kita ketahui sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan sistem Android yang rata rata menggunakan aplikasi dari Grub Alphabet ini, dan dengan kemudahan yang disediakan tidak mudah buat para pengguna berpaling ke web search engine lainnya.

1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memiliki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.


Beginilah tampilan awal Google.com



Bing.com

Bing merupakan mesin pencarian yang berada di bawah naungan Microsoft, mesin pencari ini diperkenalkan pada public pada tahun 2009. Ditahun-tahun sebelumnya Microsoft juga pernah mengeluarkan mesin pencarian lain seperti windows live search, live search dan MSN. Jadi bisa dikatakan Bing ini merupakan perkembangan dari mesin pencarian sebelumnya.
Dikarenakan pendahulunya kalah bersaing dengan Google.com, Microsoft mencoba mengembangkannya agar para pengguna tertarik dan dapat menggunakan layanan dari mereka.



Beginilah tampilan awal dari Bing.com


Ask.com
Ask.com merupakan salah satu mesin pencari ( search engine ) yang kini sedang populer. Ask.com didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen. Ask.com pada awalnya bernama Ask Jeeves, Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan, oleh sebab itu Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Dan juga Ask.com mempunyai berbagai fitur untuk memanjakan ataupun menarik minat para pengguna.

Beginilah tampilan awal Ask.com


Search.yahoo.com
Yahoo! Search adalah mesin pencari web, yang dimiliki oleh Yahoo! Inc dan per Desember 2009, Yahoo! Search adalah direktori pencarian ke-2 terbesar di web dengan volume permintaan 6,42%, setelah pesaingnya Google di 85.35% dan sebelum Baidu di 3,67%, menurut Net Applications.

Yahoo! Search, awalnya disebut sebagai Yahoo! menyediakan antarmuka pencarian, akan mengirimkan pertanyaan ke indeks pencarian halaman yang dilengkapi dengan direktori situs. Hasilnya disajikan kepada pengguna di bawah merek Yahoo!. Awalnya, tidak ada web yang sebenarnya dan penyimpanan/pengambilan data yang dilakukan oleh Yahoo! sendiri. Pada tahun 2001, indeks pencarian ini didukung oleh Inktomi dan kemudian didukung oleh Google sampai tahun 2004, ketika Yahoo! Search menjadi independen.

Pada 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan perjanjian di mana Bing mendukung Yahoo! Search.



Beginilah tampilan awal Search.yahoo.com




Sekian isi artikel ini apabila ada yang kurang silahkan berikan komentar anda dibawah, karena komentar anda dapat memajukan blog ini.

Tinggalkan Balasan