Pulau Pasumpahan, Si Cantik Mempesona Dari Sumatera Barat

0
Pulau Pasumpahan, Si Cantik Mempesona Dari Sumatera Barat
Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan, Si Cantik Mempesona Dari Sumatera Barat

Telah tidak sedikit orang yg mengakui apabila Sumatera Barat memiliki paket wisata yg benar benar kumplit. Dari kuliner, menonton arsitektur & budaya, pegunungan & lembah, semuanya ada di Sumatera Barat. Salah satu area wisata yg amat sangat menawan & alami yg ada di Sumatera Barat yakni Pulau Pasumpahan.

Pulau Pasumpahan adalah suatu pulau yg berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumbar. oleh sebab itu pulau ini dekat seandainya kita memakaispeed boat dari Teluk Bungus yg berada dekat dari Kota Padang. Klaim bakal keindahan lautnya menciptakan pulau ini mulai sejak dikenal oleh wisatawan lokal & sampai ke mancanegara.

Baca Juga: Taman Ngarai Maaram Icon Wisata di Bukittinggi

Pulau Pasumpahan luasnya lebih kurang 5 hektar & mempunyai hamparan pasir putih dgn air laut yg bening. Hal yang menarik dari pulau ini permukaan lautnya seperti terbagi tiga. Warna bening di tepi, hijau di depannya, & membiru terhadap bidang yg lebih ke tengah. Tingkat kedalaman perairan laut disekitar pulau itu adalah salah satu penyebab perbedaan warna air laut tersebut.

Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang ini berupa kawasan ekosistem terumbu karang yg terdapat nyaris di tiap-tiap pulau, di antaranya di Pulau Gosong. Selain dari terumbu karang bermacam macam kategori ikan karang atau ikan-ikan hias serta amat sangat menarik utk dinikmati wisatawan. Konon ceritanya pulau ini diakui penduduk lebih kurang ialah jelmaan Malin Kundang yg disumpah (dikutuk) ibunya jadi batu. Warga meyakini bahwa Malin Kundang dikutuk jadi batu di pulau ini, ini lah sebab pulau ini di namakan pulau ‘pasumpahan’.

Baca Juga: Banto Royo Kamang Kabupaten Agam Pariwisata Agam (Banto Royo)

Pulau Pasumpahan berada di pantai barat Kota Padang. Lokasinya di sebelah barat Pulau Setan Mungil atau 200 meter dari Pulau Sikuai. Persisnya di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Utk mencapai Pasumpahan dari Sungai Pisang merupakan dgn perahu kayu atau speedboat sekira 35 menit dgn ongkos Rupiah 40 ribu per orang pulang-pergi bersama mesin 45 PK. Tapi para penelusur bakal bernegosiasi menyewa perahu dgn harga sewa Rupiah 80 ribu dgn kapasitas 10 orang. Tetapi bilapara penelusur mau cepat menuju Pulau Pasumpahan Kota Padang sehingga bakal pun menyewa perahu penangkap ikan dari Pelabuhan Teluk Bayur.

Pulau Pasumpahan memiliki pemandangan yg amat sangat sangat indah sehingga tak mengherankan apabila para investor lokal ataupun asing saling berebut untuk mengembangkan pulau ini sebagai wisata unggulan di Sumatera Barat. Hamparan pasir di sepanjang pantai Pasumpahan yg disertai deburan ombak jadi pesona mutlak pantai ini. Suatu pulau kecil yg melayang di lepas pantai, jadi bonus pemandangan yg berharga. Bentangan tepian pantai yang landai dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening benar-benar daya tarik unggulan dari pulau ini.
Dengan begitu, para penelusur dapat serasa terisolir jauh keriuhan kota walau sebenarnya cuma satu langkah dari menghindari kehindahan keramaian kota. Di Pulau Pasumpahan ini para penelusurmampu meluakukan berbagai aktivitas antara lain snorkeling, berenang, menyelam, & pun berkeliling pulau pasumpahan. Dengan mengelilingi pulau para penelusur akan melihat panorama alam sekeliling pulau yang dapat memanjakan mata.

Lantaran Pulau Pasumpahan itu adalah area terpencil sehingga kala berwisata kesini para penelusur janganlah lupa mengambil obat-obatan pribadi, lotion anti nyamuk, sun block, makanan pula minuman yangg pass & serta tenda buat menginap. Para penelusur tidak akan sempat menyesal berwisata ke Pulau Pasumpahan dikarenakan pulau ini adalah pulau paling indah yang ada di Sumatera Barat.

Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk di share like dan subscribe website ini ya sahabat.
Pilihan Editor:
Editor: Alber

Tinggalkan Balasan