Transportasi Online di Indonesia

Alber Andesko - Tak Berkategori
  • Bagikan
Transportasi Online di Indonesia


Kemajuan teknologi sekarang ini telah mengubah gaya hidup masyarakat, terlebih dalam hal transportasi. Kini moda transportasi yang dibutuhkan dapat dipanggil dalam beberapa sentuhan pada Smartphone. Semakin pesatnya permintaan transportasi berbasis digital dikarenakan kemudahannya dalam membantu masyarakat, karena dapat di pesan dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya dengan transportasi penumpang saja, ada juga pemesanan makanan, pengantaran berkas dan lainnya.

Berikut transportasi online terbesar yang ada di Indonesia:



GO-JEK

GO-JEK adalah pelopor aplikasi ojek online di Indonesia. Bisa dibilang bahwa GO-JEK adalah layanan ojek online yang saat ini menjadi yang terbesar di Indonesia. Semenjak kemunculan GO-JEK, semakin banyak aplikasi ojek online lainnya yang bermunculan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Nadiem Makarim ini menyediakan layanan GO-RIDE untuk mengantar penumpan ke tempat tujuan, GO-FOOD untuk membelikan makanan yang diinginkan oleh pengguna, GO-TIX untuk membeli tiket bioskop atau pertunjukan lainnya, GO-SEND untuk mengirim barang, dan GO-MART untuk berbelanja apa saja kebutuhan pengguna aplikasi GO-JEK.

GrabBike

Salah satu kompetitor besar bagi GO-JEK adalah GrabBike. Grab adalah aplikasi yang menyediakan layanan GrabCar bagi Anda yang ingin diantar dengan mobil pribadi berplat hitam, GrabTaxi untuk memperoleh taksi konvensional terdekat dengan tempat Anda, GrabBike untuk memesan jasa ojek online, dan GrabExpress yang merupakan jasa pengiriman paket dan dokumen.
GrabBike menawarkan metode pembayaran melalui tunai, kartu kredit, atau mobile wallet. Sama seperti GO-JEK, GrabBike juga kerap kali memberi promo penawaran yang menarik dan tarif transparan di muka saat Anda memesan ojek online.

UBER


Sebelum di akuisisi Grab, UBER juga termasuk jasa transportasi online yang ada di Indonesia. Yang juga memberikan jasa pengangkutan penumpang akan tetapi seiring berjalannya waktu, UBER kalah bersaing dengan Go-Jek dan Grab,  dan akhirnya UBERpun di akuisisi oleh Grab (untuk kawasan bagian asia). 

OJEK SYAR’I

Didirikan oleh dua mahasiswa asal Surabaya Evilita Adriani dan Reza Zamir, ojek syar’i merupakan layanan ojek berbasis aplikasi di ponsel pintar Android. Ojek Syar’i merupakan layanan ojek yang dikendarai perempuan dan konsumennya adalah perempuan muslim. Ojek Syar’i menargetkan celah pasar yang tidak disasar oleh Go-jek selaku pemimpin pasar pemesanan ojek berbasis aplikasi.


BLUE-JEK

Aplikasi ini resmi diluncurkan di Jakarta pada 17 September 2015 oleh Michael Manuhutu dan Garrett Kartono. Nama Blue-jek sendiri berasal dari kata ‘blusukan’ dan “ojek”. Menurut Garret Kartono, saat ini Blu-Jek sudah memiliki 1.000 pengendara. Blu-Jek menyodorkan 4 layanan yang bisa diakses melalui call center, juga melalui aplikasi smartphone baik di Android maupun iOS. Layanan tersebut yaitu Blu-Rider, Blu-Pick, Blu-Shop dan Blu-Menu.

Ada juga beberapa kreasi anak bangsa lainnya, akan tetapi kalah bersaing dengan aplikasi online yang sudah ada. Mudah-mudahan dikemudian hari, kita sebagai anak bangsa dapat memajukan negara kita dengan aplikasi kreasi anak bangsa. Kita harus mencintai produk anak bangsa dan mensupportnya.
Demikian artikel kali ini apabila ada yang kurang silahkan berikan komentar dibawah. Terimakasih.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan