Marga ” Sibarani ” Sipartano Naiborngin

0

LAGUBOTI (MARGA-MARGA DILAGUBOTI DAN MARGA-MARGA PENDATANG)

Hutahaean,Aruan, Hutajulu,Sibarani,Sibuea,Hutapea, Pangaribuan semuanya ini adalah marga-marga keturunan dari Sipaettua. Marga-marga inilah yang pertama kali menduduki tanah Laguboti.Dan setelah beberapa masa, keturunan dari marga-marga lain datang ke Laguboti, dengan ceritanya masing-masing dan tujuan masing-masing juga.Maksudnya ada yang datang ke Laguboti hanya mencari sanak saudaranya yang pergi dari kampungnya, ga ketemu akhirnya menetap di Laguboti, ada juga karena kerjaannya seorang tabib/datu bolon, akhirnya menetap di Laguboti,,bermacam-macam ceritanya.

Marga-marga yang ada di Laguboti selain marga-marga Sipaettua,ada juga marga-marga yang sudah lama berdiam dan menetap di Laguboti seperti Pasaribu dan Lubis di Haunatas,Simatupang di Gasaribu, Sinurat,Situmorang,Sitinjak di Ujungtanduk, Naipospos, Hasibuan, Sitompul, LumbanTobing di Hutatinggi/hutahaean dan marga Haro Raja guk-guk di bariba aek Hutahaean.

Marga-marga yang diatas datang ke Laguboti sudah ratusan tahun yang lalu,bukan sekitar 50 taon yang lalu.Kira-kira sudah 10 generasi keturunan marga-marga tersebut tinggal di Laguboti,bisa di lihat dengan keturunan marga-marga diatas sudah berkembang banyak secara populasi.

Jadi bukan hanya Keturunan Marga-marga dari Sipaettua saja yang menganggap Laguboti itu kampung halamannya, tapi juga dari keturunan marga-marga yang diatas tadi juga menggangap Laguboti itu adalah Kampung halamannya/Huta hatubuanku.

Sejarah dan Sifat Marga Sibarani

Marga diantara suku di Indonesia

Di Indonesia, marga adalah sebuah identitas pada seseorang yang menandakan bahwa seseorang itu punya marga. Marga biasanya diletakkan dibelakang nama seseorang. Suku yang memiliki marga di Indonesia antara lain Batak, Minahasa, Toraja, Nias, Minangkabau, Jawa, Bali, Madura, Sunda, Jawa, Tionghoa, Karo, biak, Rote, Arab, Pakpak dan lain sebagainya. Sebagai umat manusia yang bermarga boleh berbangga hati, sebab orang bermarga dipandang memiliki keturunan keluarga yang besar.


Bila kamu adalah bermarga Sibarani haruslah kamu mengetahui sejarah Marga Sibarani. Sebab tidak sedikit orang marga Sibarani yang lupa akan asal usul sejarah marga Sibarani. Sebagai orang tua sudah sepatutnya mengajarkan sejarah marga Sibarani kepada anak-anaknya, dan anak harus lebih aktif dalam memahami asal mula marga Sibarani, supaya tidak lupa akan sejarah marga Sibarani. Karena sekarang ini sudah banyak muda-mudi yang tidak mengetahui kepada marga apa saja yang tidak boleh menikah dengan marga Sibarani. Semakin berkembangnya jaman, orang semakin lupa akan marganya.

• Asal usul Sibarani
Asal usul marga Sibarani sebenarnya memiliki cerita yang menarik untuk diceritakan. Mayoritas orang yang bermarga Sibarani sudah mengetahui cerita mengapa ada marga Sibarani. Terkadang orang yang bukan marga Sibarani banyak yang mencari dan ingin mengetahui semua yang berhubungan dengan marga Sibarani, contohnya bisa kah aku menikahi marga Sibarani?. Beberapa marga tidak boleh menikah dengan marga Sibarani. Hal ini sesuai dengan hukum adat yang sudah ditentukan.


Silsilah Marga Sibarani memiliki struktur keturunan. Keturunan marga Sibarani ini dibentuk atas perkembangan yang menikah pada marga lain. Dalam hubungan organisasi marga Sibarani terbentuklah suatu struktur yang mendasari adanya Silsilah marga Sibarani.


Nama Marga Sibarani terdiri dari beberapa nama. Namun, tidak dijalaskan disini nama-nama marga Sibarani.

Marga Sibarani sudah banyak menjadi publik figur, seperti menjabat di pemerintahan, artis, pemain sepakbola dan lain-lain. Jika dikumpul-kumpulkan hingga saat ini sudah banyak tokoh marga Sibarani yang sukses. Anda pun nantinya bisa menjadi seorang publik figur Sibarani yang terkenal.


• Sifat Marga Sibarani


Karakter orang bermarga Sibarani itu adalah cenderung baik, Laki-lakinya ganteng banget, Cewek-cewek marga Sibarani pun cantik, ramah dan tidak cerewet. 

SI PAET TUA dan Marga-marga keturunannya
Menurut Sumber A, keturunan SI PAET TUA melahirkan marga dan marga cabang :
1.HUTAHAEAN,HUTAJULU,ARUAN
2.SIBARANI,SIBUEA,SARUMPAET 
3.PANGARIBUAN,HUTAPEA
SI PAET TUA mempunyai 3 putra, yaitu :
1. PANGULU PONGGOK
2. PARTANO
3. PARDUNGDANG
PANGULU PONGGOK mempunyai 3 putra, yaitu :
1. HUTAHAEAN ( keturunannya bermarga HUTAHAEAN  )
2. OMPU RAJA ARUAN (keturunannya bermarga ARUAN )
3. HUTAJULU ( keturunannya bermarga HUTAJULU )
HUTAHAEAN mempunyai 2 putra, yaitu :
1. PANGULU PONGGOK III
2. PANGULUTUMBA
HUTAJULU mempunyai 2 putra, yaitu :
1. RAJA BONA NI AEK
2. NABARIBA 
SOLUPARTANO mempunyai 2 putra, yaitu :
1. RAJA SIBARANI ( keturunannya bermarga SIBARANI )
2. SIBUEA (keturunannya bermarga SIBUEA)
SIBUEA mempunyai 2 putra, yaitu :
1. GURU SOITIHON
2. PANIHIL ( keturunannya bermarga SARUMPAET  )
PARDUNGDANG mempunyai 2 putra, yaitu :
1. OMPU RAJA LAGUBOTI ( keturunannya bermarga PANGARIBUAN )
2. HUTAPEA ( keturunannya bermarga HUTAPEA )
HUTAPEA mempunyai 3 putra, yaitu :
1. OMPU RAJA OLOAN
2. BONA NI ONAN
3. TUMBA NAHAPAL
Marga Sibarani

Sibarani adalah salah satu marga Batak keturunan Sipaetua .
Beberapa tokoh bermarga Sibarani:
  • Augustin Sibarani, seniman, artis(painter)
  • Ir. Franciscus Franky Sibarani , pengusaha, kepala/chairman dari BKPM (the National Investment Coordinating Board of the Republic of Indonesia)
  • Ir. Obsatar Sibarani

Mauliate Godang.

Sumber:
  • https://sibaranimulia.wordpress.com/
  • http://cpnspendaftaran.blogspot.co.id/2016/05/sejarah-dan-sifat-marga-sibarani.html
  • http://benvaldohutah.blogspot.co.id/2012/06/silsilah-sipaettua.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sibarani

Tinggalkan Balasan